FIBAA Lakukan Penilaian Kualitas Untuk Prodi Magister dan Doktor Unhas

Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) melaksanakan visitasi dalam rangka asesmen terhadap tiga program studi (prodi) jenjang Magister dan Doktor pada Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ketiga prodi tersebut adalah Magister Agribisnis, Magister Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan serta Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Pembukaan visitasi berlangsung mulai pukul 15.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Makassar. Kegiatan ini juga terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (07/02).

Turut hadir Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., jajaran Senat Akademik Unhas, Dewan Profesor, perwakilan Majelis Wali Amanat (MWA), para wakil rektor dan direktur serta dekan di lingkup Unhas.

Rektor Unhas Prof. Dwia, mengatakan asesmen prodi di Unhas dimaksudkan untuk mendorong dan memotivasi peningkatan kualitas di tingkat internasional. Selain itu, proses ini juga memberi kesempatan pengembangan jejaring dan perluasan kemitraan dengan institusi lain di seluruh dunia.

“Saat ini Unhas berusia 65 tahun dengan status PTN-BH dan mempunyai otonomi sendiri. Kami senang memperoleh kesempatan penilaian dari FIBAA, Unhas siap menjawab pertanyaan dan memberikan hal-hal yang diperlukan selama proses asesmen. Unhas kini menempati peringkat ke-5 nasional dari Kemendikbudristek, akreditasi ini tentunya akan mendukung dan menjadi satu spirit bagi Unhas untuk terus meningkatkan kualitas,” jelas Prof. Dwia.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menuturkan Unhas terus berkomitmen menjaga kualitas mutu dan menjadi landasan semangat sejak awal pendirian tahun 1956. Sebagai universitas terbesar di Indonesia Timur, Unhas telah menghadirkan lebih dari 213 program studi yang terdiri dari 10 program vokasi, 67 program sarjana, 69 program magister, 28 program doktor, 8 program profesi, dan 31 program spesialis dengan jumlah mahasiswa sekitar 35.000 orang.

Terkait:  Prof JJ: Kampus Memiliki Peran Makro, Meso, dan Mikro untuk Mengatasi Potensi Konflik Pemilu 2024

FIBAA merupakan Lembaga akreditasi yang melakukan penjaminan mutu dan pengembangan kualitas pendidikan tinggi yang berbasis di Bonn, Jerman. Lembaga ini berdiri pada tahun 2002. Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Rabu (09/02). Adapun para asesor FIBAA terdiri atas Friderike Uphoff, Bodo Risch, Michael Koch, Sclauderer HSWeilhenstep, Johannes Stephan, Niklas Heuser dan Ibnu Qizam.

Setelah memberikan sambutan pengantar, berlangsung tanya jawab mengenai gambaran Unhas secara umum. Kemudian, dilanjutkan dengan proses asesmen terhadap masing-masing prodi. Pelaksanaan hari pertama dijadwalkan berlangsung hingga pukul 19.30 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa