FGD Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah Provinsi Sulawesi Selatan 2020

Dalam upaya Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah (RPRKD) di Sulawesi Selatan sehingga dilaksanakan Kegiatan FGD yang berlangsung selama 2 bulan. Proses Penyusunan RPRKD Provinsi Sulawesi Selatan ini serupa dengan RPRK di Level Nasional yaitu System Dynamic dan Spasial Dynamic.

Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan semua dari hasil diskusi antara semua Pemangku Kepentingan dan Aktor Terkait yang mendukung Kerangka Kerja LCDI di Tingkat Provinsi.

Dalam komposisi Pokja PPRK didukung oleh Akademisi dari Universitas Hasanuddin (Sektor Kehutanan, Sektor Limbah, Sektor Pertanian, Sektor Energi, dan Sektor Pesisir dan Laut), Stakeholder dari PPRK Provinsi Sulawesi Selatan (Bappeda, Dinas-dinas dari berbagai sektor Kehutanan dan Pertanian, sektor Energi dan Transportasi, sector Perikanan dan Kelautan, sector sampah dan limbah), CSO lokal (SCF dan TLKM) dan Mitra Pembangunan (GIZ, WRI, TAF, AKSARA dan IKRAF).

Adapun kegitan-kegiatan yang dilakukan selama 8 minggu ini, yaitu Konsultasi tim ke Bapelitbangda, Mengumpulkan data untuk model dinamika sistem, Tinjuan Model dinamika sistem, Konsultasi tim ke Bapelitbangda untuk pemetaan pemangku kepengtingan, Mengumpulkan data dari pemangku kepentingan, Bertemu dengan pemangku kepentingan untuk membahas Green Initiative from the Model, Model dinamis sistem pelatihan kerja, Pertemuan untuk merumuskan studi latar belakang RPRKD Provinsi Sulawesi Selatan, dan Persiapan untuk pembuatan laporan.

Editor: Ishaq Rahman

 

Terkait:  Kementerian Kesehatan Tinjau Kesiapan Rumah Sakit Unhas Terima Alat Whole Genome Sequensing

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa