Fakultas Teknik Unhas dan DLH Makassar Kerja Sama Evaluasi Kualitas Udara

Departemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melakukan kegiatan “Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan Tahun Anggaran 2019”. Kegiatan berlangsung pada 22 s.d 26 April dibeberapa titik jalan di Kota Makassar.

Ketua Departemen Teknik Lingkungan Unhas, Dr.Eng. Muralia Hustim, S.T., M.T.,  menyambut baik program kolaborasi dari pihak DLH Kota Makassar. Hal ini ditunjukkan dengan menurunkan 19 mahasiswa untuk turut serta dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini  menjadi salah satu contoh sinergi yang baik antara pihak pemerintah dan perguruan tinggi. Beliau juga mengatakan dapat menambah pengalaman mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya langsung di lapangan.

Lebih lanjut, Eng. Muralia menuturkan Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengevaluasi kondisi terkini kualitas  udara, mengendalikan pencemaran udara, dan mengurangi tingkat pencemaran udara yang diakibatkan oleh emisi kendaraan bermotor khususnya di wilayah Kota Makassar.

Kedepannya, beliau berharap DLH Kota Makassar dapat terus melibatkan Departemen Teknik Lingkungan dalam kegiatan sejenis maupun bentuk kegiatan lainnya, karena dapat menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam persiapan menghadapi dunia kerja nantinya.

Kegiatan ini pada dasarnya meliputi uji emisi, survey kinerja lalu lintas (traffic counting), dan roadside monitoring. Untuk uji emisi, berlokasi di beberapa titik jalan Kota Makassar, yakni pintu II Kima (Jl. Perintis Kemerdekaan), depan Monumen Mandala (Jl. Jenderal Sudirman), dan depan Hotel New Plus Telkom (Jl. A.P. Pettarani). Sedangkan untuk lokasi EKUP, dilaksanakan di depan kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Jl. Urip Sumoharjo), depan RSIA Pertiwi (Jl. Jenderal Sudirman), dan depan Alfamart (Jl. Hertasning). (*/mir)

Editor :  Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Prof. Dwia Hadiri Pelantikan Pengurus Badan Kontak Majelis Taklim Unit Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa