Fakultas Pertanian Unhas Hadirkan Webinar Petani Milenial Menuju Era Society 5.0

Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin menyelenggarakan webinar nasional bertajuk “Pertanian dan Petani Milenial Menuju Era Society 5.0”. Webinar yang diselanggrakan dalam rangka Dies Natalis ke-59 Fakultas Pertanian (Faperta) terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom, Kamis (12/08).

Acara yang dimulai pukul 07.00 Wita ini secara resmi dibuka oleh Dekan Faperta Unhas, Prof. Dr. Sc, Agr, Ir. Baharuddin. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa sangat membutuhkan aktivitas yang bisa mendorong mereka menuju kesuksesan. Melalui seminar ini, mahasiswa bisa ikut berpartisipasi dalam pengembangan teknologi di era teknologi digital saat ini.

“Seiring berjalannya perkembangan teknologi, para petani mulai meninggalkan cara-cara manual dan kini telah mengggunakan aktivitas dengan memanfaatkan alat dan mesin pertanian,” jelas Prof. Baharuddin.

Prof. Baharuddin berharap para mahasiswa sebagai generasi milenial dapat memanfaatkan dan meningkatkan pengembangan teknologi, sehingga produk yang dihasilkan dapat menjangkau secara global.

Webinar ini menghadirkan Menteri Pertanian Republik Indonesia sebagai keynote speaker, yang diwakili oleh Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Prof. Dr. Ir. Dedi Nusyamsi, M.Agr.

Dalam paparannya tentang Kebijakan Pembangunan Pertanian di Era Teknologi Digital, Prof. Dedi menjelaskan saat ini generasi milenial melek media digital. Olehnya itu, peluang pembangunan pertanian memanfaatkan media digital semua berada ditangan milenial.

“Melalui penggunaan media digital, akan mampu mendorong peningkatan efisiensi dan menekan biaya produksi. Sehingga diharapkan produk pertanian yang dihasilkan lebih kompetitif dan produk pertanian Indonesia bisa tersebar di seluruh mencanegara melalui ekspor,” jelas Prof. Dedi.

Berdasarkan data, Di masa pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 atau triwulan II sektor pertanian tumbuh secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian menjadi penyangga perekonomian nasional.

Terkait:  Kuliah Umum Unhas Hadirkan Wakil Ketua MPR RI, Bahas Upaya Memperkokoh NKRI

“Selama masa pandemi, ternyata ekspor pertanian kita naik pesat terutama subsektor pertanian dan perkebunan. Pada bulan Januari hingga Juni telah meningkat menjadi 40.29%,” jelas Prof. Dedi.

Webinar nasional kemudian dilanjutkan dengan pemyampaian materi oleh AA Gede Agung Wedhatama P., M.Eng selaku Ketua Petani Milenial dan Ketua Komunitas Petani Muda Keren. Selanjutnya materi oleh Mitra Fakhruddin MB, SP, yang merupakan alumni Fakultas Pertanian Unhas yang menjabat sebagai anggota DPR RI.(*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa