Fakultas MIPA Unhas Gelar Konferensi Internasional ke-5, Hadirkan Pakar dari Lima Negara

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk “The 5th International Conference on Science (ICOS) 2022”. Kegiatan yang mengusung tema “Development in Sciences Towards Better Quality of Life”.

Pembukaan konferensi berlangsung pukul 09.00 Wita secara luring dengan penerapan protokol Covid-19 di Hotel MaxOne, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (27/05).

Hadir sebagai narasumber yakni:

1. Prof. Magda Titirici, Ph.D (Imperial College London, Inggris),
2. Prof. Ian Young, Ph.D (University of Melbourne, Australia),
3. Prof. Dahlang Tahir, Ph.D (Universitas Hasanuddin, Indonesia),
4. Prof. Erin P. Riley, Ph.D (San Diego State University, Amerika Serikat)
5. Assoc. Prof. Satoshi Okano, Ph.D (Ehime University, Jepang).

Mengawali kegiatan, Dekan FMIPA Unhas, Dr. Eng. Amiruddin, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan ICOS ke-5 menghadirkan para narasumber yang memiliki reputasi internasional dengan jumlah sitasi mengagumkan. Jumlah peserta seri ICOS setiap tahunnya mengalami peningkatan, begitu juga dengan makalah riset yang dikumpulkan.

Lebih lanjut, Dr. Amiruddin menambahkan konferensi ini bertujuan mempertemukan para peneliti dan ahli dari berbagai latar belakang dan bidang aplikasi untuk saling berbagi. Hal ini diharapkan berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang fisika, biosains, ilmu komputasi dan matematika dalam sains dan teknologi.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dalam sambutannya, Prof. JJ menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan ICOS yang menjadi salah satu komitmen Unhas dalam pengembangan aktivitas akademik, terutama untuk meningkatkan output publikasi pada terbitan-terbitan bereputasi. Melalui kegiatan seperti ini akan menjadi salah satu sarana menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam peningkatan tridarma.

“Saya percaya kegiatan ini akan menghasilkan banyak ide dan gagasan yang bisa menghasilkan publikasi untuk peningkatan kualitas riset para akademisi maupun institusi yang bergabung. Para narasumber juga mempunyai kualifikasi tinggi dan ahli dibidang masing-masing. Semoga ICOS berlangsung lancar dan memberikan manfaat secara meluas,” jelas Prof. JJ

Terkait:  Penuhi Pencapaian Indikator Kinerja Utama, FIKP Unhas Gelar Pelatihan Public Speaking

Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari para narasumber. Materi awal dijelaskan oleh Prof. Erin yang secara umum menggambarkan kolaborasi penelitian lapangan yang dilakukan bersama Unhas. Selain Prof. Erin, materi lainnya juga disampaikan oleh Prof. Satoshi Okano tentang biomaterial yang bermanfaat untuk tujuan medis.

Dijadwalkan, ICOS 2022 FMIPA Unhas akan berlangsung hingga Sabtu (28/5). Untuk hari pertama, kegiatan berakhir pukul 16.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa