Fakultas Keperawatan Unhas Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Lansia

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Keperawatan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan kepada warga lanjut usia (lansia). Kegiatan yang menjadi bagian dari pengabdian kepada masyarakat kerja sama Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji telah berlangsung pada Kamis (03/06) di BRSLU Kabupaten Gowa dengan penerapan protokol Covid-19.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKep Unhas, Syahrul Said, S.Kep., NS., M.Kes., Ph.D., menjelaskan melalui wawancara pada Selasa (08/06) bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25.

Pemeriksaan kesehatan lansia difokuskan pada resiko jatuh, mengingat akibat proses penuaan dan penyakit penyerta, resiko jatuh tinggi di kalangan lansia. Dengan demikian, mudah mengidentifikasi resiko jatuh yang lazim terjadi pada lansia dalam bentuk pengukuran kecepatan berjalan, kekuatan genggaman dan kekuatan menendang. Dengan identifikasi dini, diharapkan lansia dan pihak balai bisa melakukan tindakan pencegahan jatuh.

“Fakultas Keperawatan Unhas termasuk salah satu yang diundang untuk melakukan kegiatan pemeriksaan kepada lansia. Ini merupakan hal penting, meskipun mayoritas tinggal di tengah keluarga, namun ada segelintir lansia yang berada di balai. Sehingga, pemeriksaan kesehatan secara berkala perlu dilakukan. Para dosen maupun mahasiswa juga sudah lama berpartisipasi aktif di BRSLU dalam hal pengembangan pelayanan lansia,” jelas Syahrul.

Syahrul berharap kegiatan seperti ini bisa terlaksana secara reguler, sehingga pemeriksaan kesehatan untuk lansia dapat berlangsung secara kontinyu guna mendeteksi dini untuk pencegahan sekaligus promosi kesehatan. Dirinya juga mengharapkan pemeriksaan kesehatan lansia tidak hanya berfokus pada tingkat komunitas saja, namun dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Menteri Pertanian RI dan Imam Besar Masjid Istiqlal Hadiri Halal bi Halal Fakultas Hukum Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa