Fakultas Keperawatan Unhas Gelar INHSP 2021

Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan The 4th Internasional Nursing and Health Sciences Student and Health Care Professionals Conference (INHSP) 2021. Kegiatan inu merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-4 Fakultas Keperawatan Unhas.

INHSP 2021 mengusung tema “Embracing Innovations in Health Sciences, Nursing Education & Practice through Research for Achieving Sustainable Development Goals (SDGs)”. Pembukaan konferensi berlangsung mulai pukul 08.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (15/09).

Hadir sebagai keynote speaker yakni:

– Prof. Lisa McKenna (La Trobe University, Australia),
– Prof. Junko Sugama, PhD., RN (Fujita Health University, Japan),
– Heejung Kim, RN, Ph.D., GNP (Yonsei University, South Korea),
– Sanne Heinen, MSc (Hanze University of Applied Sciences Groningen, Netherland),
– Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D. Sp.THT-KL (K) M.A.R.S. (Directorate General of Health Services, Ministry of Health, Indonesia),
– Drs. Yusri Zamhuri, MA., PhD. (Director of SDGs Centre, Universitas Hasanuddin, Indonesia).

Mengawali kegiatan, Dr. Erfina, BSN., MN., selaku Ketua Pelaksana kegiatan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh narasumber yang hadir. Kehadiran mereka memberi wawasan tentang penelitian dan praktik berbasis bukti dalam keperawatan di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

“Konferensi ini merupakan bentuk kolaborasi untuk membagikan informasi perkembangan dunia kesehatan melalui bukti publikasi ilmiah serta sebagai bentuk dukungan kepada Unhas sebagai World Class University,” jelas Dr. Erfina.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKep Unhas Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si., menyampaikan walaupun pelaksanaan konferensi dilakukan secara virtual, tidak akan mengurangi kualitas dan esensi dari kegiatan tersebut.

“INHSP 2021 adalah wujud kerja sama FKep Unhas bersama mitra kampus luar negeri yang banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu dan kualitas lulusan yang professional,” kata Ariyanti.

Terkait:  Apel Pagi Bagi Jajaran Sivitas Akademika Universitas Hasanuddin

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau berharap hadirnya INHSP 2021 dapat meningkatkan capaian Unhas sebagai World Class University serta implementasi Unhas sebagai humaniversity.

“Unhas telah bertransformasi sebagai perguruan tinggi berstandar internasional dengan capain pada QS World University Ranking. Di bidang ilmu kesehatan Unhas terus berupaya menjadi garda terdepan dalam penanganan darurat pandemi Covid-19 yang mendukung program pemerintah,“ jelas Prof. Nasrum.

Salah seorang narasumber, Prof. Lisa McKenna (La Trobe University, Australia), menjelaskan peran profesi keperawatan dan kesehatan dalam mengatasi ketidakadilan kesehatan. Hal tersebut mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkaitan pada tujuan SDGs pada poin 3, 5 dan 10.

Dalam tujuan SDGs pada poin 3, yakni memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. Pada poin 5 dengan tujuan mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan. Sementara pada tujuan SDGs di poin 10 adalah mengurangi ketimpangan didalam dan antar negara.

“Dalam upaya mencapai tujuan SDGs, maka indikator pembangunan berkelanjutan 2030 salah satunya dapat dapat dilihat dari faktor kesehatan untuk keselamatan generasi mendatang. Peran profesi keperawatan harus mengambil bagian dalam setiap perubahan masyarakat menuju sehat, agar dapat memberikan andil dalam mensukseskan SDGs,” jelas Prof. Lisa.

Konferensi ini menawarkan seminar dan lokakarya untuk mengatasi masalah kontemporer dan menangani kompleksitas dalam perawatan dengan solusi berbasis bukti. Peserta konferensi akan mempelajari strategi untuk menerjemahkan bukti ke dalam praktik dan memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan berjejaring dengan para ahli.

Berbagai macam masalah klinis akan disajikan berdasarkan abstrak yang diajukan. mendorong perawat dan profesional kesehatan lainnya dari praktik klinis, pengaturan akademik dan administrasi, dan mahasiswa ilmu keperawatan dan kesehatan untuk menggunakan forum ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang kegiatan penelitian yang luar biasa dan untuk merangsang minat lebih lanjut dalam penelitian masa depan.

Terkait:  Satgas Covid-19 Unhas Fasilitasi Test Swab PCR Gratis bagi Warga Unhas

Adapun cakupan materi terbagi dalam dua tema utama, yaitu: (1) Nursing, Physiotheraphy, and Allied Health Science, dan (2) Health Services and Research. Masing-masing terbagi dalam beberapa sub tema.

INHSP 2021 diikuti lebih kurang 100 peserta yang dipandu oleh Andi Masyitha Irwan, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D., selaku moderator. Sesuai jadwal, kegiatan akan berlangsung selama dua hari (15/09 s.d 16/09) dan akan diisi dengan pelaksanaan Workshop (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa