Fakultas Keperawatan Unhas Edukasi Pasien dan Keluarga Tentang Keselamatan Pasien

Sebagai rangkaian Dies Natalis ke-4, sekaligus bentuk tanggung jawab sosial dan komitmen berkontribusi nyata dalam masyarakat, Fakultas Keperawatan melalui Kelompok Keilmuan Manajemen Keperawatan Universitas Hasanuddin kerja sama Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) menyelenggarakan pengabdian masyarakat.

Pengabdian yang berkaitan dengan “Edukasi Pasien dan Keluarga: Terkait Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Unhas” berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Rumah Sakit Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (19/11).

Hadir sebagai narasumber yakni Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D., Andi Baso Tombong, S.Kep., Ns., M.ANP., dan Indra Gaffar, S.Kep., Ns., M.Kep. Turut membantu tiga orang mahasiswa yaitu Muhammad Rizky Asfarada, Ayu Anggita Putri dan Atalya Angela Tandungan.

Kegiatan resmi dibuka oleh Risnawati, S.Kep., Ns., M.Kep., dari bagian Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Unhas. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKep Unhas yang ingin berbagai informasi dan ilmunya kepada para pasien maupun keluarga di RS Unhas.

Risnawati mengatakan, PKRS Unhas selalu mengoptimalkan berbagai upaya memberdayakan individu hingga kelompok masyarakat untuk dapat memelihara, meningkatkan, serta melindungi kesehatan melalui berbagai Program Edukasi dengan sasaran masyarakat awam guna peningkatan pengetahuan, kemauan dan kemampuan serta mengembangkan suasana yang mendukung.

Tim pelaksana memberikan pre-test kepada pasien dan keluarga lalu diikuti oleh materi dan diakhiri post-test untuk mengevaluasi pengetahuan pasien dan keluarga. Ada beberapa hal yang diberikan narasumber kepada para peserta seperti informasi tentang gelang identitas pasien dan keterlibatan pasien dalam perencanaan asuhan perawatan.

Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D.,  selaku Wakil  Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi mengharapkan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dapat terlaksana secara rutin setiap semester di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit sehingga para pasien maupun keluarga dapat terlibat dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. (*/Fkep/mir)

Terkait:  Mahasiswa Teknik Sipil Unhas Raih Prestasi Best Popularity Award dalam Kompetisi Internasional

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa