Fakultas Keperawatan Unhas dan Yokohama City University Berbagi Pengalaman Melalui Sakura Science Online Exchange

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Keperawatan (FKep) bekerja sama dengan Departemen Keperawatan, Yokohama City University kembali menghadirkan program Sakura Science Online Exchange. Pembukaan berlangsung mulai pukul 08.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (05/01).

Mengawali kegiatan, Yuka Kanoya mewakili Yokohama City University menyampaikan bahwa program Sakura Science hadir untuk memperkenalkan dan memberikan pengalaman bidang sains dan teknologi Jepang utamanya dalam hal keperawatan. Para peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan mengenai sains dan teknologi, namun juga budaya dari kedua negara.

“Saya percaya meskipun kegiatan ini terlaksana secara online, namun tetap memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan kepada para peserta. Kami berharap, kalian bisa berkunjung ke Yokohama untuk merasakan secara langsung suasana belajar yang tercipta di sini. Begitu juga sebaliknya, semoga kami juga dapat berkunjung ke Unhas,” jelas Yuka Kanoya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKep Unhas, Dr. Ariyanti Saleh, S.Kep., M.Kes., dalam sambutannya mengatakan program tersebut hadir berkat kolaborasi antara FKep Unhas dengan Yokohama City University. Beliau mengatakan, banyak hal yang dapat dipelajari para peserta. Selain ini, kegiatan ini juga menjadi sarana membangun jejaring antara mahasiswa Unhas maupun Yokohama.

“Kegiatan ini kurang lebih diikuti oleh 33 peserta baik dosen maupun mahasiswa dari FKep Unhas. Melalui program ini, selain membangun kerja sama internasional antar perguruan tinggi, juga wujud upaya untuk mendukung Unhas dalam World Class University. Seluruh unsur yang terlibat juga diharapkan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih luas,” jelas Ariyanti.

Program Sakura Science merupakan wadah saling berbagi pengetahuan, riset dan pengalaman keperawatan antar kedua universitas. Selain itu, juga memperkenalkan kebudayaan dari dua negara. Mahasiswa memperoleh pengalaman mengikuti program level internasional, berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa di lokasi tujuan. Sekaligus mendapatkan pengetahuan baru.

Terkait:  Jusuf Kalla, Ketua IKA Unhas Periode 1997-2022 Terima Bintang Jasa Tertinggi Pemerintah Jepang

Sebelumnya, program serupa juga telah dilaksanakan oleh Fakultas Keperawatan pada Januari 2021. Program ini kembali dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen dan kolaborasi dari kedua Universitas.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan agenda perkenalan dari seluruh peserta. Nantinya, para peserta akan memperoleh beberapa materi dari berbagai narasumber. Dijadwalkan kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari. Untuk hari pertama, diagendakan berakhir pukul 11.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa