Fakultas Keperawatan Unhas dan Kaikoukai Healthcare Group Jepang Gelar Pengabdian Masyarakat

Dalam rangka Dies Natalis ke-4 Fakultas Keperawatan Unhas, Tim dosen dari Departemen Keperawatan Dasar, Fakultas Keperawatan Unhas bekerja sama dengan _Kaikokai Healthcare Group _ mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Terapi Olahraga dan Dasar perawatan Caregiver”

Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada Jumat (29/10). Materi webinar ini disampaikan langsung oleh narasumber dari Jepang yaitu Moriyama Yoshifumi (General Manager Exercise Theraphy for Dialysis Patients Management Kaikoukai Healthcare Group) dan Kawai Cheiko (General Manager Home Medical Care Kaikoukai Healthcare Group).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Keperawatan Unhas, Syahrul Said, S.Kep.,Ns., M.Kes.,Ph.D., menyampaikan bahwa webinar tersebut diharapkan memberikan wawasan baru terkait konsep terapi olahraga dan dasar perawatan caregiver berdasarkan pengalaman yang telah diterapkan di Jepang. Dengan demikian para peserta webinar bisa mengaplikasikan konsep tersebut secara mandiri.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan kondisi aktivitas olahraga yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia masih tergolong rendah, apalagi pada masa pandemi Covid-19.

Pada pemaparan materinya, Moriyama Yoshifumi menegaskan pentingnya terapi olahraga dan dampaknya pada kualitas kesehatan seseorang. Olahraga sangat penting dalam mencegah terjadinya sarcopenia, mencegah penuaan dini, dan dapat meningkatkan kesehatan mental.

Pada sesi kedua, Kawai Cheiko memberikan materi tentang perawatan dasar bagi para lanjut usia yang dapat dilakukan di rumah yakni pada dasar perawatan Caregiver. Sangat berperan penting dalam menjaga kualitas hidup lansia terutama pada kondisi perawatan di masa Pandemi Covid-19.

Perawatan yang diberikan khususnya pada teknik mobilisasi atau cara berpindah atau bergerak. Kawai Cheiko juga menjelaskan teknik ambulasi, yang sangat penting diberikan bagi keluarga di masa pandemi ini, karena caregiver lebih berperan aktif dalam mendampingi anggota keluarga.

Terkait:  Unhas dan Pemprov Kalimantan Utara Sepakati Kerja Sama Pengembangan Tridarma

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan oleh Tim dosen dari Departemen Keperawatan Dasar Fakultas Keperawatan Unhas, yakni Dr. Yuliana Syam, S.Kep.,Ns, M.Si, Dr. Rosyidah Arafat, Sp.KMB dan Andi Fajrin Permana, S.Kep,Ns.,MN). (*/fkep/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa