Fakultas Kehutanan Unhas Gelar Webinar Internasional Kewirausahaan

Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin menggelar International Webinar on Entrepreneurship as a Potential Career for Wood Science Technology Graduates 2021, webinar kali ini kerja sama dengan Universitas Putra Malaysia (UPM), Universitas Mataram (Unram) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kegiatan berlangsung secara daring melalui zoom meeting pada Rabu (10/11) pukul 09.00 Wita.

Hadir sebagai narasumber yakni:

1. Dr. H. Muhammad Jamhari, S.Sos., M.Kom. (Entrepreneurship on the Teak Wood Jeara, Central Jawa, Indonesia)

2. Dr. Risma Illa Maulany, S.Hut., M.NatRest. (Entrepreneurship as a Career-Experiences, Unhas)

3. Prof. Dr. Mansur Afifi, S.E. (Entrepreneurship Lectures for Higher Education in Indonesia, Unram)

4. Ir. Bintang CH Simangunsong, M.Sc., Ph.D (The State of Indonesia’s Micro and Small Forest Products Industry, IPB)

5. Prof. Dr. Jegatheswaran Ratnasingam (Research on Entrepreneurship in UPM)

6. Dr. Zubaidah Harun (Entrepreneurship opportunity after Internship, UPM)

7. Dr. Paiman Bawon (Entrepreneurship opportunity after Internship, UPM)

8. Tn. Hj. Kamaruzman Othman (Challenges Faced by Entrepreneurs and Assistance Provided, MTIB)

9. Mr. Mohn Aftar Amir (Challenges Faced by Entrepreneurs and Assistance Provided, MTIB).

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof. dr. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Unhas dalam hal ini Fakultas Kehutanan bangga menjadi tuan rumah pada pelaksanaan webinar internasional yang terlaksana berkat kolaborasi dengan beberapa mitra yaitu UPM, Unram dan IPB.

“Dunia milenial saat ini, produk dan tenaga kerja tumbuh dengan baik. Beberapa orang dalam mendapatkan pekerjaan harus melewati tantangan dan kompetisi terlebih dahulu, namun saya percaya bahwa lulusan yang memiliki kualitas yang baik akan mampu menghadapi tantangan itu untuk mendapatkan pekerjaan,” jelas Prof. Nasrum.

Terkait:  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Kampus Vokasi Unhas di Selayar

Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber. Dr. H. Muhammad Jamhari, S.Sos., M.Kom., sebagai salah satu narasumber menyampaikan materi terkait “Indonesia Furniture and Craft Promotion Forum”. Beliau mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara eksportir produk mebel, berdasarkan data yang ada sementara ini Indonesia berada di posisi ke-18 dunia sebagai negara pengekspor furnitur dengan nilai 1,8 miliar dolar AS.

“Kunci sukses negara Cina sehingga bisa menduduki posisi pertama adalah rencana strategis besar berbasis pengetahuan yang sangat baik (industri yang sangat terintegrasi) dan menjalankan strategi tersebut secara efektif,” jelas Jamhari.

Materi lain juga disampaikan oleh Dr. Risma terkait “Entrepreneurship as a Career-Experiences from Unhas”. Menurutnya, beberapa hal yang menjadikan kewirausahaan penting antara lain kewirausahaan dapat mempercepat ekonomi pertumbuhan, mempromosikan inovasi, mempromosikan perubahan sosial, mempromosikan penelitian dan pengembangan industri, serta mengembangkan dan meningkatkan perusahaan yang ada.

“Kewirausahaan berkontribusi tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan tetapi juga berdampak positif pada lingkungan dan orang lain,” jelas Risma.

Kegiatan ini juga menampilkan “Success Story” dari seorang wirausaha alumni Fakultas Kehutanan Unhas, Much. Ichwan, S.Hut., M.Hut dan Sukri, S.Pt. (entrepreneurship alumni Universitas Mataram).

Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dan berlangsung lancar hingga pukul 14.00 Wita. (*/Ngk-Fhut/mir)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa