Fakultas Kehutanan Gelar Kuliah Umum Bahas Perencanaan dan Strategi Pemasaran Hasil Hutan

Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Perencanaan dan Strategi Pemasaran Hasil Hutan”. Kegiatan yang menghadirkan pemateri Dr. Soni Trison, S.Hut., M.Si (Dosen Kehutanan IPB) berlangsung pukul 11.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (31/5).

Mengawali kegiatan Dekan Fakultas Kehutanan Dr. A. Mujetahid S.Hut., MP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pemilihan tema. Beliau berharap dengan tema tersebut para peserta dapat menggali informasi yang bermanfaat pada pengembangan dan pengelolaan hasil hutan kedepan.

“Berbicara tentang pemasaran, maka tidak ada hasil produksi jika tidak ada pasar. Tentunya dalam menyusun strategi perencanaan hasil hutan kita bisa melakukan identifikasi terlebih dahulu sebelum mengatasi masalah. Dalam menyusun analisis strategi masalah, maka perlu memperhatikan harga, jenis produk, hingga pendistribusian,” jelas Dr. Mujetahid.

Lebih lanjut, Dr. Mujetahid menjelaskan bahwa dalam perencanaan strategi selanjutnya adalah dapat menentukan strategi dari berbagai indikator keberhasilan. Beberapa faktor yang dimaksud adalah mengenai kepuasaan pelanggan dan jangkauan pasar. Terlebih starategi dalam kondisi pandemi saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Soni Trison, S.Hut., M.Si selaku narasumber menjelaskan terkait “Pemasaran Produk-Produk Perhutanan Sosial”. Beliau menuturkan perencanaan dan strategi pemasaran hasil hutan dilakukan dengan tahapan membangun pola pokir terhadap kebermanfaatan sumber daya hutan.

“Sumber daya hutan bisa kita dapatkan dengan pola berpikir tentang bagaimana ilmu manajemen hutan bisa menyelesaikan masalah hutan itu sendiri. Kita adalah orang kehutanan yg sedang belajar tentang ilmu sosial dan ilmu ekonomi,” jelas Dr. Soni

Dalam perencanaan dan strategi pemasaran hasil hutan sangat berhubungan dengan persolan pengembangan produk harus secara  komprehensif. Dengan demikian dapat memudahkan dalam menyusun alternatif solusi dari permasalahan proses pemasaran. Adapun beberapa pemanfaatan potensi sumber daya hutan adalah hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu, dan jasa lingkungan.

Terkait:  Unhas dan ITH Parepare Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi

Setelah memaparkan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta yang mengikuti kegiatan.

Kegiatan yang dipandu Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D., (Kepala Lab. Kebijakan dan Kewirausahaan Kehutanan Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 200 peserta. Berlangsung lancar hingga pukul 13.00 Wita. (*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa