Fakultas Kedokteran Unhas Gelar Kuliah Tamu oleh Narasumber Asal Malaysia

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Musculoskeletal Tumor” yang mengundang dosen tamu Prof. Wan Faisham Nu’man B. Wan Ismail, MD., (Lecture form School of Merdical Sciences Universiti Sains Malaysia, Kubang Kerian, Kelantan).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Departemen Ortopedi Unhas, Lantai 3 Rumah Sakit Pendidikan Unhas Gedung A, Makassar, Senin (30/05).

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dalam sambutannya, Prof. JJ menyampaikan selamat datang kepada narasumber yang telah bersedia hadir secara langsung untuk memberikan ilmu dan berbagi pengalamannya dalam bidang kedokteran.

“Malaysia adalah negara saudara serumpun, sangat tepat rasanya jika kita bisa banyak belajar tentang perkembangan sains dan teknologi. Sehingga kegiatan ini adalah menjadi bukti sebagai mitra stategis Unhas untuk mengembangkan keilmuan dibidang kedokteran,” kata Prof. JJ.

Lebih lanjut, Prof. JJ mengatakan program kuliah tamu dengan menghadirkan narasumber internasional merupakan kegiatan yang menjadi salah satu sarana pengembangan peningkatan pengetahuan dan informasi bagi mahasiswa kedokteran untuk mengadopsi ilmu pengetahuan dalam menjawab tantangan perkembangan teknologi kedokteran di masa depan.

“Unhas akan selalu siap mendukung setiap program yang dapat memberikan kontribusi terbaik untuk pengembangan bidang keilmuan. Ini adalah upaya dalam menghadapi masalah dan tantangan kesehatan, salah satunya bagi peningkatan pelayanan serta fasilitas kesehatan yang setara dengan negara maju saat ini,” jelas Prof. JJ.

Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari narasumber. Prof. Wan Faisham menjelaskan tentang diagnosis, terapi, serta beberapa kasus yang terjadi pada penderita tumor tulang.

Prof. Wan Faishama adalah seorang Profesor dan konsultan ahli bedah di USM dengan subspesialis onkologi dan traumatologi. Beliau saat ini menjadi ahli di bidang onkologi ortopedi yang berlaku untuk sarkoma di Malaysia dan banyak berpartisipasi dalam berbagai penelitian klinis dan kolaborasi multidisiplin dalam bidang onkologi, yakni bidang ilmu kedokteran yang berfokus pada penyakit kanker.

Terkait:  KKI Visitasi Kelayakan Pembukaan Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi FK Unhas

Setelah pemaparan pemateri, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. (*dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa