Fakultas Kedokteran Unhas Gelar Halal bi Halal dan Peresmian Aula Sjamsuddin Dg. Mangawing

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin mengawali pekan pertama kerja setelah masa cuti bersama hari raya Idul fitri 1443 H dengan menyelenggarakan Halal bi Halal bersama sivitas akademika.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan peresmian Aula Lecture Theater (LT) Sjamsuddin Dg. Mangawing yang berlangsung pada pukul 10.00 Wita secara luring dengan penerapan protokol Covid-19 di Fakultas Kedokteran Unhas, Kampus Tamalanrea, Selasa (10/05).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), beserta jajarannya, Ketua Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, para dekan, direktur, kepala biro, dan ketua lembaga.

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes., Sp.GK., Sp.PD., menyampaikan rasa bahagia dapat menggelar Halal bi Halal untuk saling bersilahturahmi bersama sivitas akademika Unhas.

“Setelah dua tahun sebelumnya hanya digelar secara virtual akibat wabah Covid-19, halal bi halal kali ini dilaksanakan secara luring. Semoga pertemuan yang baik ini dapat menumbuhkan energi yang positif dalam menjalankan aktivitas kita,” kata Prof. Haerani.

Prof. Haerani juga menjelaskan penamaan Aula Syamsuddin Daeng Mangawing. Tokoh ini merupakan Ketua Panitia Persiapan pembentukan Fakultas Kedokteran Unhas yang diresmikan pada tahun 1956.

“Beliau adalah sosok penting dalam pembentukan FK Unhas, jasanya akan selalu kami kenang. Kami mendapat dukungan keluarga besar Syamsuddin Daeng Mangawing, dengan sambutan baik tersebut kemudian kami sematkan nama beliau untuk mengenang jasa-jasanya,” jelas Prof. Haerani.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ menitipkan pesan agar semangat yang telah ditumbuhkan antar sivitas akademika Fakultas Kedokteran Unhas dapat semakin terjaga untuk mempertahankan eksistensi sebagai fakultas yang besar.

“Kehadiran Aula Syamsuddin dg. Mangawing ini diharapkan dapat memperkuat peran FK dalam mewujudkan cita-citanya. Pemberian nama ini juga sebagai bukti untuk mengenang dan memberikan inspirasi bagi kita dalam dunia pendidikan,” jelas Prof. JJ.

Terkait:  Unhas Terima 1.014 Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2022/2023  Gelombang 2

Halal bi Halal FK Unhas juga diisi dengan do’a dan ceramah islamiah yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Harsya Bachtiar, LC., MA. Beliau menyampaikan tentang penyempurnaan ibadah yang dapat dilakukan dengan memperbanyak amal, salah satunya bagi orang yang telah mengamalkan ilmunya kepada sesuatu yang bermanfaat.

“Selama bulan Ramadhan kita menjaga ibadah dan diharapkan dapat melakukannya dengan konsisten setelah melewati bulan suci ini, sehingga kita bisa menjadi alumni Ramadhan yang berkualitas dan mendapatkan pangkat tertinggi di sisi Allah SWT,” jelas Ustadz Muhammad Harsya.

Halal bi Halal ditutup dengan bersalam-salaman antara para pimpinan Unhas dengan seluruh sivitas akademika. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 11.30 Wita. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa