Fakultas Kedokteran Gigi Unhas Gelar Yudisium Periode Juni

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan yudisium periode Juni 2021. Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Aula Molar FKG, Kampus Tamalanrea Unhas, serta terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, mulai pukul 13.00 WITA, Rabu (16/6).

Turut hadir secara langsung pimpinan FKG Unhas, para Anggota Senat, Guru Besar, Direktur dan para Wakil Direktur RSGMP Unhas, Gugus Penjaminan Mutu, para Ketua Program Studi dan Departemen serta sivitas akademika FKG Unhas.

Pada periode ini, FKG Unhas mengukuhkan 2 orang Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros), 29 orang tahapan Profesi Dokter Gigi serta 1 orang Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Dekan FKG Unhas Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada peserta yudisium serta para orang tua dan keluarga atas capaian anak-anaknya yang telah berhasil menyelesaikan studinya, baik pada tahapan spesialis, profesi dokter gigi, dan sarjana kedokteran gigi.

Alumni FKG Unhas telah mencapai 2.838 lulusan. Dengan rincian Dokter Gigi sebanyak 2.699 orang dan Dokter Gigi Spesialis sebanyak 139 orang.

“Ini merupakan amanah dan tanggung jawab kami sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Kami senantiasa berbenah baik dari segi manajemen pengelolaan, sumber daya manusia, maupun infrastruktur serta fasilitas pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar di FKG Unhas,” jelas drg. Ruslin

Lebih lanjut, drg. Ruslin menuturkan bahwa sebagai institusi pendidikan yang berada di Indonesia bagian Timur, FKG terus berinovasi. Mengingat masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih tinggi khususnya di Indonesia Bagian Timur dengan rasio jumlah penduduk yang memiliki tenaga medis masih jauh dari angka ideal.

Untuk menekan rasio tersebut, saat ini FKG Unhas telah membuka 6 Prodi Spesialis yaitu: PPDGS Prostodonsi, PPDGS Periodontologi, PPDGS Konservasi Gigi, PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial, PPDGS Ortodonti dan PPDGS Kedokteran Gigi Anak.

Terkait:  STP Unhas dan PT. Pelindo IV Kerja Sama Tanam 1000 Pohon Magrove untuk Makassar New Port

Sementara untuk jenjang akademik, FKG Unhas kini telah membuka Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi. Juga sedang menargetkan untuk membuka PPDGS Radiologi, PPDGS Ilmu Penyakit Mulut (IPM) dan Program S3 Ilmu Kedokteran Gigi serta Program Vokasi Terapi Gigi dan Tekniker Gigi.

“Melalui kesempatan ini pula, kami haturkan terima kasih kepada para Guru Besar dan dosen yang telah meluangkan waktu walaupun dalam keadaan yang begitu berat serta tingkat kewaspadaan yang tinggi di masa pandemi tetapi atas kerja keras, kita tetap aktif dan produktif.” ucap drg. Ruslin

Lebih lanjut drg. Ruslin menyampaikan, sebagian orang masih beranggapan bahwa dimasa pandemi tidak ada lagi aktivitas. Melalui kegiatan yudisium kali ini dapat membuktikan bahwa program studi di FKG Unhas terus berjalan dan bergerak dengan inovasi yang dilakukan selama masa pandemi.

Diakhir sambutannya drg. Ruslin menyampaikan pesan bahwa dengan adanya masa pandemi ini, FKG akan terus menjadi pemenang dan akan mencapai keberhasilan, karena sekarang FKG memperlihatkan banyak cara untuk mencapai suatu tujuan, melalui berbagai macam inovasi dan program pendidikan.

Acara yudisium Fakultas Kedokteran Gigi Unhas berlangsung lancar hingga pukul 15.00 Wita. (*/madjid-FKG/dhs)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR 

 

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa