Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGMP Unhas Kerja sama Pengembangan Tridarma dengan FK Unmul

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Hasanuddin menyepakati kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi bersama Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman (Unmul).

Kesepakatan tersebut tertuang melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K)., Dekan FK Unmul (dr. Ika Fikriah, M.Kes) dan Direktur RSGMP Unhas (Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.30 WITA yang bertempat di Ruang Rapat Utama Fakultas Kedokteran Unmul Kota Samarinda, Jumát (14/01).

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini disaksikan oleh Ketua Departemen Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas (Prof. Dr. M Hendra Chandha, drg., MS), Ketua Senat Fakultas Kedokteran Unmul, Koordinator Program Studi serta seluruh staf dosen Pendidikan Dokter Gigi FK Unmul.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kedoteran Unmul (dr. Ika Fikriah, M.Kes), menyambut baik atas terjalinnya kembali penandatanganan kerja sama yang sudah lama dibina hingga saat ini.

“Saat ini sedang dibangun Gedung Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang ditargetkan akan selesai pada bulan Februari tahun 2022. RSGM ini akan difungsikan sebagai wahana pendidikan utama bagi mahasiswa profesi dokter gigi,” jelas dr. Ika.

Lebih lanjut, dijelaskan bawah kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi Prodi Kedokteran Gigi FK Unmul yang akan menghadapi proses akreditasi dan pengajuan izin operasional RSGM.

“Kami juga mendorong agar nantinya setelah akreditasi, Prodi Kedokteran Gigi dapat menjadi Fakultas Kedokteran Gigi yang dapat berjalan sesuai dengan amanat Peraturan Perundang-undangan,” tutupnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dekan FKG Unhas, Prof. Ruslin, yang menyambut baik kerja sama kedua belah pihak. Prof. Ruslin menyatakan kesiapan berkolaborasi dan membimbing Prodi Kedokteran Gigi Unmul agar terjadi percepatan peningkatan kualitas pendidikan.

Terkait:  Serah Terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Hasanuddin

“Saat ini kolaborasi dan sinergitas antara fakultas dengan rumah sakit sangat dibutuhkan agar kualitas layanan pendidikan lebih cepat tercapai,” kata Prof. Ruslin.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas (A. Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K) menyampaikan terkait kewajiban institusi Fakultas Kedokteran Gigi untuk memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang terakreditasi.

“Akreditasi RSGM akan menunjang akreditasi program studi, olehnya itu RSGMP Unhas siap untuk membantu dalam mempersiapkan pengajuan proses akreditasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unmul”, ujarnya.

Acara penandatanganan kerja sama berlangsung khidmat dan lancar hingga pukul 12.00 WITA. (*/mjd/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa