Fakultas Hukum Unhas Sambut 182 Mahasiswa Baru Pascasarjana

Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana pada Sabtu (20/02). Sebanyak 182 mahasiswa baru yang tersebar di Program Studi S2 Kenotariatan, S2 Ilmu Hukum, dan S3 Ilmu Hukum mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Turut hadir Ketua Senat Akademik Unhas (Prof. Dr. Eng. Dadang A. Suriamihardja, M.Eng.), Dekan Fakultas Hukum (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum.), bersama para Wakil Dekan serta Ketua Program Studi lingkup FH Unhas.

Melalui wawancara pada Minggu (21/02) bersama Dr. Iin Karita Sakharina S.H., M.A., selaku Ketua Panitia menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk membuka perkuliahan Semester Akhir Tahun Akademik 2020/2021 untuk Program Pascasarjana FH Unhas.

Lebih lanjut, Dr. Iin menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan secara daring ini memberikan kemudahan baik itu dari panitia, narasumber, maupun peserta, karena siapapun dan dimanapun dapat berpartsipasi lebih leluasa dan fleksibel, tidak perlu hadir secara langsung di Fakultas, mengingat laju penyebaran Covid-19 saat ini masih perlu diwaspadai.

“Pelaksanaan kegiatan secara daring tidak melunturkan nilai dan tradisi. Rangkaian kegiatan tidak ada yang berbeda dengan tahun-tahun lalu yang dilakukan secara luring. Kita juga tetap mewajibkan mahasiswa berpakaian rapi, dan tetap ada dresscode untuk peserta dan seluruh pimpinan. Jadi, memang kegiatan tetap berjalan sama,” jelas Iin.

Salah satu materi yang ada dalam kegiatan PMB ini adalah Filsafat Ilmu dan Etika yang dibawakan oleh Prof. Dr. Eng. Dadang A. Suriamihardja, M.Eng. Dalam materi ini dijelaskan tentang ethical clearance yang dikaitkan dengan penelitian agar mahasiswa baru kedepannya saat melakukan penelitian utamanya penelitian Thesis/Disertasi, mahasiswa dapat mengetahui etika saat melakukan riset di bidang Hukum.

Terkait:  Brunch Talk Edisi #62 Kenal Dekat Program Merdeka Belajar Unhas

Selain materi dari Prof. Dadang, PMB Program Pascasarjana Fakultas Hukum Unhas juga mengemas materi-materi lain seperti Pedoman Penyelenggaraan Program Magister dan Doktor oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Fakultas Hukum Unhas (Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H), Kebijakan Pengembangan dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Fakultas Hukum Unhas oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya (Dr. Syamsuddin Muchtar, S.H., M.H).

Kegiatan PMB Program Pascasarjana Fakultas Hukum Unhas mendapat dukungan penuh dari pimpinan Fakultas Hukum. Prof. Farida berharap dengan diadakannya PMB ini, meskipun secara daring, mahasiswa dapat mengenal fakultasnya sendiri, utamanya tentang peraturan-peraturan seperti tugas akhir.

“Kami memberikan gambaran tentang bagaimana berkuliah di Fakultas Hukum Unhas, agar mahasiswa kita dapat mempersiapkan sejak awal apa-apa saja yang mereka perlukan selama menempuh studi. Dengan demikian, mahasiswa tidak terlena untuk menunda-menunda riset dan publikasi, sehingga mereka memiliki kesadaran terhadap tugas dan tanggung jawab mereka selama menjadi mahasiswa,” jelas Prof. Farida.

Pelaksanaan proses Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Fakultas Hukum Unhas berlangsung satu hari, mulai pukul 08.00 hingga 15.15 Wita.(*/els)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa