Fakultas Hukum Unhas Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Batch 4

Fakultas Hukum (FH) Unhas kembali menggelar Workshop on Writing Article in Reputable Journals (Batch 4) pada Jumat-Sabtu (21-22/02). Acara yang berlangsung di Ruang Moot Court Dr. Harifin A. Tumpa FH Unhas ini dibuka oleh Dekan FH Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum.

Turut hadir pada acara pembukaan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi (Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H.) dan Ketua Panitia (Dr. Iin Karita Sakharina, S.H., M.S). Sebanyak 51 peserta yang terbagi dalam dua kelas juga menghadiri acara ini.

Dalam sambutan pada acara pembukaan, Prof. Farida Patittingi berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat peningkatan kapasitas bagi para peneliti dan penulis artikel. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa program magister ini diharapkan juga dapat membantu mahasiswa dalam proses penyelesaian studi.

“Salah satu syarat penyelesaian studi bagi mahasiswa magister adalah telah mempublikasi artikel pada jurnal yang bereputasi. Dengan workshop ini, maka mahasiswa dapat meningatkan kapasitas, sehingga tidak lagi mengalami kendala untuk penyelesaian studi,” kata Prof. Farida.

Ketua Panitia, Dr. Iin Karita Sakharina, menjelaskan bahwa workshop ini dirancang dalam model pelatihan intensif dan pendampingan penulisan artikel. Melalui kegiatan ini, mahasiswa program magister dapat memenuhi syarat publikasi.

“Kami mengundang nara sumber yang memiliki pengalaman memadai dalam bidang riset ilmu hukum dan penulisan artikel jurnal. Kehadiran nara sumber ini tentu sangat dibutuhkan oleh peserta,” kata Iin.

Para nara sumber yang hadir, yakni Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H. yang merupakan Asesor Jurnal Kemenristekdikti. Selain itu, hadir pula Muhammad Arsyad, Ph.D. selaku Kepala Pusat Publication Management Center (PMC) Unhas. Nara sumber lain yang tidak kalah penting adalah Muhammad Alif K. Sahide, Ph.D. yang telah memiliki banyak publikasi jurnal terindeks Scopus.

Terkait:  Ketua Komisi II DPR RI Diskusi Publik tentang Kemitraan Akselerasi Pembangunan Bangsa di Unhas

Workshop ini menggunakan pendekatan praktis melalui coaching clinic terhadap draft tulisan peserta. Output workshop ini diharapkan dapat meningkatkan rating publikasi Fakultas Hukum Unhas dan membantu mahasiswa program magister dalam penyelesaian studi serta publikasi jurnal.

Workshop kali ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya. Antusias peserta yang sangat tinggi sehingga workshop ini selalu dinantikan dan bahkan sudah ada waiting list peserta untuk penyelenggaraan batch selanjutnya yang direncanakan pada Maret mendatang.

Kegiatan ini tidak hanya sampai pada pelatihan yang berlangsung selama dua hari namun dilanjutkan dalam pendampingan oleh setiap mentor hingga para peserta dapat mempublikasikan jurnalnya.(*)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa