Fakultas Farmasi Unhas Gelar Pelantikan dan Penyumpahan 117 Apoteker Baru

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah bagi 117 apoteker baru. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Baruga A.P Pettarani Unhas, dengan penerapan protokol Covid-19 dan terhubung secara live melalui kanal Youtube Unhas, Kamis (31/03).

Kegiatan dipimpin oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Apt., dan dihadiri Ketua Prodi Apoteker Farmasi (Usmar, S.Si, M.Si., Apt), Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Selatan (Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt) serta 117 apoteker baru.

Kegiatan diawali dengan pengambilan sumpah dan janji Apoteker, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan surat sumpah dan penyerahan Sertifikat Kompetensi Profesi Apoteker (SKPA).

Selanjutnya, penyerahan apoteker baru oleh Ketua Program Studi Profesi Apoteker kepada Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua Pengurus Cabang IAI Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si, Apt., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para apoteker baru. Kondisi pandemi saat ini bukan hal yang mudah untuk menyelesaikan pendidikan. Banyak tantangan yang dilewati hingga bisa sampai pada pencapaian hari ini.

“Selamat, kalian telah berhasil melewati rintangan dalam Ujian Kompetensi Profesi Apoteker Indonesia dan berhak meraih gelar baru sebagai seorang Apoteker. Sertifikat ini berlaku lima tahun dan selanjutnya akan terus diperbaharui. Diharapkan kompetensi yang dimiliki dalam praktik apoteker dapat bermanfaat bagi pelayanan kesehatan dan bidang kefarmasian lainnya,” jelas Prof. Gemini.

Pada kesempatan yang sama, Prof. apt. Subehan, S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., (Dekan Fakultas Farmasi) mewakili Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN) membacakan isi sambutan. Beliau menyampaikan kebanggaannya kepada 117 apoteker baru Fakultas Farmasi Unhas. Setiap apoteker yang akan menjalankan praktik wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) secara online atau offline.

Terkait:  Empat Prodi Fakultas Kedokteran Unhas Jalani Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) Kemenkes telah mengembangkan aplikasi STRA secara elktronik atau e-STRA. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mempercepat proses penerbitan STRA dan transparansi proses status penyelesaian berkas serta dapat mencetak secara mandiri yang terintegrasi oleh PDDikti.

“Selamat kepada orang tua wali apoteker yang telah mengantarkan putra-putrinya menyelesaikan studi. Selamat mengemban profesi apoteker yang penuh tanggung jawab dalam mewujudkan kualitas hidup masyarakat,” jelas Prof. Subehan.

Dalam proses pelantikan dan pengambilan sumpah, 117 Apoteker baru memperoleh beberapa dokumen penunjang pelaksanaan profesi Apoteker, seperti Sertifikat Kompetensi dan ijazah. Kegiatan penyumpahan berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 11.30 Wita. (*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa