Empat Prodi S1 Unhas Jalani Proses Visitasi Akreditasi Internasional AUN-QA Batch IX

ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) melaksanakan visitasi dalam rangka asesmen terhadap empat program studi dari tiga fakultas di Universitas Hasanuddin. Asesmen ini merupakan kegiatan ke-278 yang diselenggarakan oleh AUN-QA.

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (13/06).

Turut hadir Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., Ketua Senat Akademik Unhas, Dewan Profesor, perwakilan Majelis Wali Amanat (MWA), para wakil rektor dan direktur serta dekan lingkup Unhas.

Rektor Unhas Prof. JJ menyampaikan rasa senang atas proses asesmen ini. Meskipun pelaksanaan berlangsung virtual, namun beliau meyakini prosedur hingga kualitas penilaian akan sama atau bahkan lebih baik dari proses offline seperti sebelumnya.

Lebih lanjut, Prof. JJ mengatakan sebagai perguruan tinggi, Unhas memiliki komitmen untuk peningkatan kualitas berkelanjutan dan menjadi semangat universitas sejak didirikan tahun 1956. Sebagai PTN terbesar dengan berbagai capaian tidak hanya di bagian Timur Indonesia, berbagai langkah strategis terus dioptimalkan.

“Saat ini semua program studi Unhas telah terakreditasi secara nasional oleh BAN-PT maupun LAM-PTkes. Penilaian kualitas oleh AUN-QA sejalan dengan tujuan strategis Unhas untuk berkiprah dan diakui secara internasional,” kata Prof. JJ.

Sejak beberapa tahun terakhir, Unhas telah memfasilitasi dan memberdayakan semua prodi untuk mendapatkan pengakuan secara internasional melalui beberapa prioritas program pengembangan seperti kelas internasional, pertukaran pelajar dan staf, penelitian dan publikasi bersama, perolehan kredit, gelar bersama, serta internasional akreditasi.

Prof. JJ menambahkan komentar, saran dan rekomendasi dari penilaian AUN QA sebelumnya menjadi masukan berharga bagi Unhas dan program studi untuk lebih baik. Beliau meyakini, masukan dan saran untuk proses asesmen kali ini juga akan semakin memperkaya Unhas dan prodi masing-masing dalam mengimplementasikan program strategis Unhas.

Terkait:  Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno

Mewakili para Assesor AUN-QA, Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University), juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Unhas yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan dalam melakukan asesmen. Meskipun dilaksanakan secara online, akan tetapi rangkaian kegiatan sesuai dengan prosedur untuk menjamin kualitas proses.

Sebanyak empat prodi yang akan menjalani asesmen adalah: Prodi S1 Hukum Administrasi Negara (Fakultas Hukum), Prodi S1 Sastra Prancis (Fakultas Ilmu Budaya), Prodi S1 Ilmu Pemerintahan dan Prodi S1 Antropologi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (17/06).

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 9 delegasi AUN-QA, yaitu:

1. Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University)
2. Asst. Prof. Dr. Attachai Ueranantasun (Prince of Songkla University)
3. Prof. Dr. Arnel Onesimo O. Uy (De La Salle University)
4. Dr. Nguyen Truong Sa (Industrial University of Ho Chi Minh City)
5. Dr. Nguyen Huy Phuc (Industrial University of Ho Chi Minh City)
6. Prof. Dr. Nina M. Cadiz (University of the Philippines Los Banos)
7. Dr. Nguyen Quoc Chinh (Viet Nam National University, Ho Chi Minh City)
8. Prof. Cenon R. Alfonso, MD (Ateneo de Manila University)
9. Ms. Worapanit Wongsaprom (Quality Assurance Officer)

Pelaksanaan pembukaan asesmen ke-278 AUN-QA Batch IX berlangsung lancar hingga pukul 09.30 Wita dan dilanjutkan dengan proses asesmen pada masing-masing prodi.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa