Dukung Gerakan di Rumah Saja, Unhas Gelar MTQ Virtual

Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1441 Hijriah dan mendukung gerakan #dirumahsaja, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Virtual. Kegiatan ini direncanakan berlangsung pada 11-15 Mei 2020.

MTQ merupakan kegiatan rutin dari bidang kemahasiswaan Unhas yang digelar pada setiap bulan suci Ramadhan. Namun, tahun ini sedikit berbeda. Mengingat adanya pandemi Covid-19, MTQ digelar secara virtual atau menggunakan perangkat lunak internet.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg. A Arsunan Arsin, M.Kes mengungkapkan dalam wawancara pada Kamis (30/4) bahwa di tengah pandemi virus corona, seluruh kegiatan kemahasiswaan digelar virtual, termasuk MTQ. Dengan memanfaatkan teknologi, tambahnya, MTQ ini memungkinkan digelar meskipun di rumah masing-masing.

“MTQ Virtual ini kami desain sedemikian rupa agar getap mendukung gerakan di rumah saja. Seluruh tahapan kegiatan mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan lomba semua dilakukan tanpa ada interaksi fisik,” ujar Prof Arsunan.

MTQ Virtual ini membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa aktif dengan empat cabang lomba, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (TQ), Musabaqah Syarhil Quran (SQ), Musabaqah Hifdzil Quran (HQ) dan Lomba Esai.

Untuk lomba Tilawatil Quran dan Syarhil Quran, peserta akan mengirimkan video yang kemudian akan dinilai oleh tim juri. Sementara untuk Hifdzil Quran, lomba akan dilaksanakan dengan aplikasi Zoom.

Adapun bentuk apresiasi kepada pemenang lomba berupa pemberian sertifikat dan uang pembinaan jutaan rupiah.

“Meskipun digelar virtual, kami berharap mahasiswa tetap antusias mengikuti kegiatan ini,” tutup Prof Arsunan.

Bagi mahasiswa yang berminat, bisa melakukan pendaftaran dan melihat informasi di website kemahasiswaan.unhas.ac.id. (*/dapk)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Fakultas Kehutanan Unhas Gelar Seminar Nasional Bahas Perhutanan Sosial.

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa