Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Hasanuddin Terima Vaksin Booster

Universitas Hasanuddin melaksanakan vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi sivitas akademika. Kegiatan tersebut dalam rangka turut serta mendukung program pemerintah berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Pelaksanaan vaksinasi secara massal ini terselanggara berkat kerja sama antara Universitas Hasanuddin dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan Pemerintah Kota Makassar yang akan berlangsung secara bertahap di Unhas.

Pada hari pertama, para dosen dan tenaga kependidikan Unhas menerima dosis vaksin booster untuk jenis vaksin Pfizer dan Moderna. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, Senin (14/2).

Dalam kesempatan tersebut,  Prof. Deddy T. Tikson, PhD., selaku Dosen Unhas menyampaikan pendapatnya terkait pemberian vaksin booster yang telah dimulai untuk sivitas akademika. Menurutnya, dalam setiap pelaksanaan vaksinasi di Unhas selalu berjalan dengan tertib dan aman sesuai dengan prosedur kesehatan.

Prof. Deddy mengatakan bahwa dengan penerimaan dosis vaksin secara lengkap dapat memberikan peningkatan proteksi diri bagi setiap individu, utamanya pada kelompok rentan. Beliau menuturkan bahwa sangat diperlukan adanya kesadaran diri masing-masing untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan herd immunity.

“Setalah menerima dua kali dosis vaksin, saya merasa tubuh dalam kondisi yang sehat sampai saat ini, walaupun dalam status usia lanjut. Para ahli medis sudah berbicara bahwa vaksin itu aman untuk segala umur. Saya rasa tidak ada yang perlu diragukan lagi karena informasi kesehatan tentang pemberian vaksin itu sudah jelas disampikan oleh pakar-pakar yang berkompeten di bidangnya,” jelas Prof. Deddy.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. apt. Subehan, S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., setelah menerima vaksin booster. Beliau menuturkan pemenuhan kelengkapan vaksin sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh, sehingga risiko penyebaran virus Corona dapat di tekan.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Kuliah Tamu oleh Narasumber Internasional

“Kelengkapan dosis vaksin yang diterima akan meningkatkan secara efektivitas vaksin Covid-19 yang telah diterima sebelumnya untuk memperpanjang perlindungan diri. Apalagi kita sebagai dosen tengah mempersiapkan diri untuk memulai perkuliahan tatap muka,” jelas Prof. Subehan.

Pelaksanaan vaksinasi di hari pertama diikuti secara antusias oleh para Dosen dan Tenaga Kependidikan Unhas dari beberap fakultas yang dijadwalkan. Kegiatan akan kembali dilanjutkan esok hari dengan fakultas yang berbeda.(*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa