Direktur RSGMP Unhas Bawakan Orasi Ilmiah di Universitas Sumatera Utara Medan

Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Hasanuddin, Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM (K) menyampaikan orasi ilmiah pada Hari Jadi yang ke-4 Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Sumatera Utara (USU). drg. Tajrin yang juga merupakan Wakil Ketua Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia membawakan orasi bertema “Better Teeth, Better Health”, pada Minggu (6/3).

Dalam orasinya, dosen Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas ini menyampaikan bahwa Akreditasi RSGM Pendidikan sebagai syarat tempat pendidikan Profesi dan Spesialis merupakan hal yang sangat mendesak dilakukan untuk semua RSGM yang menyelenggarakan pendidikan.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini ada 36 (tiga puluh enam) RSGM di seluruh Indonesia dan 90% telah menyelenggarakan pendidikan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama di Fakultas Kedokteran Gigi seluruh Indonesia.

“Kementerian Kesehatan RI sedang melakukan evaluasi dan monitoring terhadap seluruh Rumah Sakit yang melaksanakan pendidikan termasuk RSGM untuk segera terakreditasi sebagai RS Pendidikan”, jelas drg. Tajrin.

drg. Tajrin, yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI), menjelaskan bahwa Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia, nantinya akan melakukan pembinaan dan pendampingan pada seluruh RSGM untuk mencapai status RSGM pendidikan.

Pada kesempatan yang sama, drg. Rahmi Sp.BM (K) (Direktur RSGM USU) menyampaikan bahwa Hari Jadi RSGM USU yang ke-4 ini menjadi momentum untuk melakukan persiapan dalam rangka menghadapi Akreditasi RSGM USU dan pengembangannya sebagai RSGM Utama Pendidikan Dokter Gigi. RSGM ini juga mempersiapkan diri sebagai Unit Bisnis untuk pendidikan dan pelayanan ke masyarakat.

Sementara itu Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa RSGM sebagai salah satu Unit Bisnis USU harus siap mengembangkan diri terutama untuk kepentingan pendidikan profesi dan spesialis.

Terkait:  Unhas Gelar Pembekalan Bagi 11 Mahasiswa yang Terlibat dalam Program IISMA

Lebih lanjut, beliau mengatakan siap untuk mendukung dan membangun RSGM yang memenuhi standar dan layak untuk dijadikan sebagai pusat pelayanan dan rujukan kesehatan gigi dan mulut di Sumatera Utara.(*/mjd/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa