Dies Natalis ke-65, Ini Pesan Rektor, Ketua MWA, dan Plt. Gubernur Sulsel

Sivitas akademika Universitas Hasanuddin menyelenggarakan upacara peringatan Dies Natalis ke-65 dengan tema “Memperkokoh Humanisme dan Championship di Era Normal Baru”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Baruga A.P. Pettarani, Kampus Tamalanrea, Makassar. Acara ini terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube Unhas, Jumat (10/9).

Peringatan Dies Natalis dihadiri oleh seluruh organ Unhas, baik Majelis Wali Amanat, Rektor dan jajarannya, serta Senat Akademik.

Hadir pula berbagai tamu undangan, antara lain: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc), beberapa Kepala Daerah, Rektor PT di Makassar, Ketua DPRD Sulsel, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, dan mitra-mitra lainnya.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., dalam pidatonya menjelaskan berbagai capaian Unhas selama satu tahun, salah satunya capaian pemeringkatan internasional.

Unhas mencapai perangkingan Times Higher Education (THE) Impact Ranking SDG’s pada posisi 79 dunia dan 2 Indonesia, serta masuk dalam daftar Quaquarelli Symonds (QS) World University Ranking (1001-1200 dunia dan 8-12 Indonesia). Sementara dalam pemeringkatan pada Scimago Institutions Rangking, Unhas berada pada posisi 695 dunia dan peringkat 3 Indonesia.

Selama masa pandemi, Unhas menjadi salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid-19 melalui berbagai langkah dan aksi nyata dengan kolaborasi berbagai pihak. Penyedian hotline satgas Covid-19, testing dan tracing, vaksinasi mahasiswa hingga masyarakat umum hingga kawasan karantina bagi sivitas akademika Unhas.

“Unhas akan terus memberikan kontribusi terbaiknya terhadap berbagai persoalan dan permasalahan bangsa. Terima kasih atas kerja sama yang luar biasa para sivitas akademika Unhas. Capaian ini menjadi satu entitas besar yang akan terus mengokohkan Unhas kedepannya,” jelas Prof. Dwia.

Terkait:  Unhas Tuan Rumah Sosialisasi Rencana Operasional Indonesia's FOLU Net Sink 2030 Regional Sulawesi

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Komjen Pol (Purn) Dr. (HC). Drs. Syafruddin, M.Si., mengharapkan agar Unhas bisa terus memberikan peran dan komitmen terbaiknya dalam pembangunan Indonesia. Sebagai entitas besar, Unhas telah banyak terlibat dalam berbagai permasalahan bangsa, ikut terjun langsung terhadap penanganan pandemi dan cepat tanggap terhadap persoalan masyarakat.

Beliau mengatakan, MWA akan terus mengawal rencana pembangunan Unhas untuk kemaslahatan masyarakat, termasuk dalam proses pemilihan Rektor mendatang.

“Kita juga sedang menghadapi pemilihan Rektor baru yang akan menggantikan Prof Dwia. MWA dan Panitia Pemilihan terus berkoordinasi, dan kami berkomitmen menghasilkan figur pemimpin terbaik untuk Unhas. Syukurlah, semua bakal calon yang mendaftar adalah sosok-sosok terbaik. Kita akan mengikuti aturan dalam pemilihan rektor kali ini,” kata Syafruddin.

Hal serupa juga disampaikan oleh Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST. Beliau memberikan gambaran mengenai perkembangan infrastruktur di Sulsel. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Unhas atas bantuan dan kerja samanya dalam mendukung pembangunan. Para SDM Unhas banyak memberikan saran dan masukan untuk Sulsel yang lebih baik.

“Sulsel bangga Unhas memiliki berbagai SDM unggul dan berkualitas. Kolaborasi pemerintah bersama perguruan tinggi jadi satu hal penting, untuk bersama sama menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat. Terima kasih Unhas, semoga bisa terus melangkah bersama pemerintah, memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” jelas Andi Sulaiman.

Upacara peringatan Dies Natalis ke-65 Unhas juga diisi dengan ucapan selamat dan doa dari jajaran kementerian RI seperti Kementerian Pendidikan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pertanian, tokoh nasional, para mitra nasional dan internasional Unhas serta jajaran kepala daerah Sulsel dan Indonesia.

Acara peringatan Dies Natalis ke-65 Unhas berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 11.30 Wita. (*/mir)

Terkait:  Sepuluh Mahasiswa Unhas Siap Jalani KKN Kebangsaan di Palangkaraya

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa