Dewan Profesor Unhas Gelar Webinar Merumuskan Nilai-nilai Keunhasan

Dewan Profesor Universitas Hasanuddin menggelar Webinar Terbatas bertema “Mewujudkan Nilai-nilai Keunhasan dan Filosofi Pendidikan Universitas Hasanuddin”. Webinar berlangsung pada Kamis (24/6) mulai pukul 09.00 Wita, bertempat di Ruang Senat Akademik, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini juga dibagikan secara langsung melalui aplikasi zoom meeting.

Webinar yang membahas nilai-nilai ke-Unhas-an menghadirkan delapan narasumber dengan materi-materi spesifik, yaitu:

1. Prof. Dr. Dadang A. Suriamihardja, M.Eng, “Merajut Akar Filosofi Pendidikan Unhas Menuju World Class University (WCU)”

2. Prof. Dr. Ir. Muh. Saleh S. Ali, M.Si, “Aktualisasi Nilai – Nilai Keunhasan dalam Era 4.0”

3. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH, “Penerapan Nilai-Nilai Keunhasan dalam Berkehidupan Kampus”

4. Prof. dr. Irawan Yusuf, Ph.D, “Menata dan Mengembangkan Budaya dan Integritas Akademik dalam Kiprah World Class University (WCU)”

5. Komjen Pol (Purn) Dr. (HC). Drs. Syafruddin, M.Si, “Memaknai Nilai-Nilai Keunhasan dalam Stabilitas Politik dan Keamanan di Indonesia”

6. Prof. Dr. Basri Hasanuddin, MA, “Memahami Tata Nilai Keunhasan dalam Menghadapi Ekonomi Global”

7. Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.B, Sp.OT, “Wujud Kepekaan Sosial Unhas dalam Situasi Tanggap Darurat Kebencanaan”

8. Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, “Tinjauan Nilai – Nilai Keunhasan yang Diharapkan dari Perspektif Sosial dan Budaya Bangsa”

Sementara hadir sebagai pembahas adalah:

1. Prof. dr. A. Husni Tanra, Ph.D, Sp.AN
2. H.M. Roem, SH, M.Si
3. Prof. Dr. Nur Nasry Noor, MPH
4. Drs. Taslim Arifin, MA

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Prof. Dr. M. Akmal Ibrahim, M.Si menjelaskan bahwa tema webinar ini cukup eksklusif, dimaksudkan untuk menghadapi tantanan dan jebakan-jebakan saat ini dan masa mendatang.

Terkait:  Universitas Hasanuddin Hadirkan Hunian Tetap Bersubsidi bagi Dosen dan Tendik

“Unhas perlu merumuskan nilai-nilai berdasarkan kearifan lokal, sebagai panduan bagi seluruh sivitas akademika dalam membawa panji-panji Unhas. Setelah webinar ini, panitia akan menggelar Focus Group Discussion untuk merumuskan nilai-nilai Keunhasan,” kata Prof. Akmal.

Ketua Dewan Profesor Unhas, Prof. Dr. Ir. Mursalim, menjelaskan bahwa Dewan Profesor mempunyai fungsi, salah satunya adalah menjaga dan mengembangkan tradisi serta nilai-nilai luhur Universitas Hasanuddin. Webinar ini merupakan implementasi dari fungsi tersebut.

“Unhas saat ini memiliki 321 orang, terbanyak pada perguruan tinggi di Indonesia. Ini adalah bentuk kontribusi Dewan Profesor bagi Universitas Hasanuddin, dimana setelah webinar ini akan diterbitkan dokumen yang berkaitan dengan nilai-nilai Keunhasan,” kata Prof. Mursalim.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA yang membuka acara, mengawali dengan sambutan apresiasi dan penghargaan atas inisiatif dari Dewan Profesor, khususnya Divisi I. Acara ini sangat monumental, yang akan dirangkum menjadi filosofi pendidikan dan nilai-nilai keunhasan yang akan menjadi referensi bersama.

“Kita akan menghadapi pemilihan rektor tahun ini. Saya kira, materi webinar ini sangat penting bagi calon-calon rektor mendatang, mengingat begitu dinamisnya lingkungan di sekitar Unhas. Misalnya, perubahan nomenklatur kementerian yang sangat dinamis,” kata Prof. Dwia.

Webinar dipandu oleh Prof. Dr. Andi Pangerang Moenta, SH, MH, DFM, ini diikuti oleh lebih 550 peserta secara luring dan daring.

Dalam catatan penutup yang disampaikan oleh Sekretaris Dewan Profesor Unhas, Prof. Dr. Ir. Budimawan, DEA, beliau menyampaikan bahwa masukan webinar ini akan diteruskan kepada Majelis Wali Amanat Unhas, untuk diformalkan menjadi aturan baku.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa