Brunch Talk Edisi #59 Kenal Dekat Dengan Maiwa Breeding Center Unhas

Seri Brunch Talk Edisi #59 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang dibahas adalah “Berangkat Dari Peternakan, Menuju Masyarakat Berdaya : Mengenal Maiwa Breeding Center Unhas”. Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Jumat (29/01).

Hadir sebagai narasumber Dr. Syahdar Baba, S.Pt., M.Si., selaku Kepala Pengelola MBC yang pada kesempatan tersebut menjelaskan secara umum mengenai sejarah hingga tugas dan fungsi serta peran dari adanya unit kerja ini di Unhas guna memberikan pemahaman dan informasi secara mendalam tentang MBC Unhas.

Pada penjelasannya, Syahdar menjelaskan ide awal kehadiran dari MBC Unhas berawal dari keinginan Unhas berperan dalam menghasilkan daging berkualitas dengan memanfaatkan teknologi. Keinginan ini kemudian direalisasikan dengan melibatkan Fakultas Peternakan yang memang memiliki bidang keilmuaan tersebut.

“Pada 2016, apa yang dilakukan disambut baik oleh Kemenristekdikti. MBC Unhas kemudian melakukan pembibitan khusus sapi bali polen yang mana hadir untuk mengintegrasikan teknologi dari hulu sampai hilir. Selain itu, kita juga sudah mendapatkan sertifikasi MUI yang kehalalannya tidak diragukan lagi,” jelas Syahdar.

MBC Unhas hadir agar ilmu dan teknologi ternak bisa membumi hingga ke masyarakat. Syahdar menuturkan banyak ilmu peternakan, namun hanya sedikit yang dapat diadopsi oleh masyarakat. Untuk itu, MBC berkomitmen hadir dengan memberdayakan masyarakat salah satunya dengan menyediakan tenaga pendampingan yang kompeten untuk melakukan aktivitas pembudidayaan.

Lebih lanjut, Syahdar menambahkan tidak hanya menyediakan tenaga pendampingan. Juga dilakukan pendampingan masyarakat dalam berbisnis dengan sistem bagi hasil. Sehingga tidak hanya memberikan pengetahuan terkait teknologi ternak, akan tetapi masyarakat memperoleh modal berbisnis. Diakhir sesi, beliau berharap kehadiran MBC akan memberikan banyak manfaat bagi seluruh pihak.

Terkait:  Empat Program Pengembangan Daerah LPPM Unhas Siap Terlaksana di Sidrap

Kegiatan yang dipandu oleh Aryun Khairun Nisaa (Student Volunteer Unhas) sebagai moderator diikuti kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita.

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa