Brunch Talk Edisi #57 Kenal Dekat Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Unhas

Seri Brunch Talk Edisi #57 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang dibahas adalah “Meluasnya Cakupan Pendidikan Unhas: Mengenal Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Unhas”. Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Jumat (22/01).

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Sangkala, M.Si., selaku Kepala P2KP Unhas. Beliau menjelaskan secara umum mengenai sejarah hingga tugas dan fungsi serta peran dari unit kerja ini bagi masyarakat. Dengan demikian, diharapkan kebermanfaatan Unhas dalam menjalankan tridarma terlaksana secara maksimal.

Prof Sangkala menuturkan awalnya P2KP bernama PSKP (Pusat Studi Kebijakan Pembangunan), kemudian berganti nama menjadi P3KN dan berada dibawah naungan LPPM. Dengan struktur baru Unhas, akhirnya pada 2019 kembali berubah menjadi P2KP dan terlepas dari LPPM serta berdiri menjadi unit mandiri.

Beliau juga menjelaskan, unit kerja ini hadir sebagai penunjang akademik, utamanya pada peningkatan pendapatan Unhas.

“P2KP sebagai unit kerja di Unhas berfokus pada upaya peningkatan kualitas SDM, khusunya kompetensi perencana di Indonesia. P2KP Unhas dipandang kurang lebih 23 mitra Bapennas sebagai center terbaik Indonesia yang disesuaikan dengan kepuasaan pelanggan dan selalu mendapatkan alokasi terbanyak dari Bappenas saat penyelenggaraan diklat,” jelas Prof Sangkala.

P2KP hadir untuk memaksimalkan peran Unhas dalam memenuhi tanggung jawab tridarma, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Unhas dengan segala SDM yang dimiliki seyogyanya memiliki tugas untuk membagi ilmu yang diberikan melalui berbagai pelatihan dan pendidikan dasar dari tenaga pengajar yang kompeten. Dengan demikian, fungsi pengabdian terlaksana secara baik dan optimal.

Lebih lanjut, Prof Sangkala menambahkan P2KP secara internal tentu memaksimalkan tugas dan fungsi yang diberikan. Hal ini tidak serta merta dilakukan tanpa dukungan berbagai pihak. Hadirnya P2KP Unhas diharapkan dapat mendorong sumber daya utamanya para perencana guna mendorong hadirnya sistem manajemen yang sistematis dan terencana.

Terkait:  Rektor Unhas dan Direktur Utama PT. Semen Tonasa Bahas Potensi Kerja Sama

Kegiatan yang dipandu oleh Bunga Sari Iriyanto (Student Volunteer Unhas) sebagai moderator diikuti kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa