Brunch Talk Edisi #56 Kenal Dekat Puslitbang Laut Pesisir dan Pulau Kecil Unhas

Seri Brunch Talk Edisi #56 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang dibahas adalah “Mengulik Peran Kemaritiman Unhas: Seputar Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil”. Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Kamis (21/01).

Hadir sebagai narasumber Dr. Nurjannah Nurdin, ST., M.Si., selaku Kepala Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Pada kesempatan ini, Nurjannah menjelaskan secara sejarah hingga tugas dan fungsi serta peran dari puslitbang. Diharapkan memberikan pemahaman dan pengetahuan baru terkait Puslitbang tersebut.

Nurjannah menuturkan Puslitbang ini merupakan salah satu dari 8 Puslitbang pertama yang dihadirkan Unhas, berada dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas. Puslitbang ini sudah ada sejak tahun 2000-an. Sebelumnya, Puslitbang bernama Pusat Penelitian Terumbu Karang. Perubahan nama dalam rangka memperluas cakupan tugas dan tanggung jawab.

Dalam pelaksanaan program kerja, Puslitban ini melibatkan dan menghimpun dosen maupun peneliti, mahasiswa, hingga membangun hubungan kerja sama. Puslitbang Laut, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil mengembangkan kerja sama nasional maupun internasional. Tujuannya adalah menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat dihilirisasi.

“Kita memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mentata kelola dan menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang laut, pesisir dan pulau kecil. Termasuk didalamnya ekosistem laut, terumbu karang, hingga pengelolaan wilayah pesisir terpadu,” jelas Nurjannah.

Pada akhir sesi, Nurjannah menyebutkan kekayaan pesisir dan laut Indonesia merupakan hal penting yang harus dijaga dan dilestarikan. Untuk itu, potensi besar ini membutuhkan keterlibatan semua pihak guna melakukan pengelolaan terpadu dan mendatangkan manfaat bagi semua kalangan khususnya masyarakat daerah pesisir.

Kegiatan yang dipandu oleh Andi Afdalul Rijal (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita.(*/mir)

Terkait:  Unhas dan Pemkab Pohuwato Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridarma

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa