Brunch Talk Edisi #16 Kenal Dekat Dengan Fakultas Ilmu Budaya Unhas

Seri Brunch Talk Edisi #16 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi ini tema yang diangkat adalah “Generasi Gaul Tapi Kaya Budaya (Menelusuri Fakultas Ilmu Budaya Unhas)”. Kegiatan ditayangkan secara live melalui Instagram Unhas @hasanuddin_univ, pukul 10.00 Wita, Senin (24/08).

Hadir sebagai narasumber adalah Dekan FIB, Prof. Dr. Akin Duli, M.A. Beliau memaparkan secara detail mengenai sejarah, sumber daya, prospek alumni dan kegiatan internasionalisasi Fakultas yang dipimpinnya.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan awalnya FIB dikenal sebagai Fakultas Bahasa dan Sastra. Namun, sejak tahun 1965 sesuai peraturan menteri berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Fakultas Ilmu Budaya Unhas memiliki 17 program studi yang terdiri dari 9 Prodi jenjang sarjana, 4 Prodi jenjang Magister, dan 3 Prodi jenjang Doktor serta menaungi delapan departemen.

“Untuk sekarang, jumlah mahasiswa kami jika ditambah dengan mahasiswa baru tahun ini kurang lebih 2.000 mahasiswa. Mahasiswa kami fasilitasi dengan sarana dan prasarana yang menunjang pengembangan akademik mereka. Semua prodi yang sudah lama telah terakreditasi A dan beberapa terakreditasi internasional,” jelas Prof Akin.

Dari aspek internasionalisasi, FIB banyak menjalin kerja sama internasional dan mempunyai kurang lebih delapan dosen asing pada beberapa program studi seperti Prodi Mandarin dan Jepang.

Saat ini, FIB Unhas tengah mempersiapkan pembukaan prodi baru yakni Prodi Pariwisata sebagai bagian dari pengembangan akademik dan memenuhi kebutuhan belajar yang semakin besar.

Di akhir sesi, Prof Akin menyampaikan agar masyarakat luas bisa mencintai budaya Indonesia dan mengaplikasikan dalam kehidupan. Untuk proses aplikasinya, Prof Akin mengatakan agar dimulai dengan memperlajari budaya dan keanekaragaman Indonesia. Olehnya itu, Fakultas Ilmu Budaya Unhas menjadi salah satu pilihan dalam proses mengenal dan belajar budaya tersebut.

Terkait:  Unhas dan STIFA Makassar Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridarma

Seri Brunch Talk yang dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Unhas akan berfokus pada pengenalan setiap fakultas secara bergantian. Dengan harapan, calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri di fakultas impian mereka bisa mengetahui secara mendalam informasi fakultas tersebut.

Kegiatan yang dipandu oleh Fahmi Sahoka, S.P (Student Volunteer Unhas) secara live melalui akun sosial media Instagram Unhas diikuti oleh sekitar 100 peserta. Kegiatan berlangsung hingga pukul 10.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa