Bidang Kemahasiswaan Unhas Siap Dampingi Mahasiswa Berprestasi Ke Tingkat Nasional

Universitas Hasanuddin, melalui Bidang Kemahasiswaan, setiap tahun menggelar ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas. Ajang ini merupakan wadah untuk menyeleksi kandidat terbaik, yang akan mewakili Unhas pada ajang tingkat nasional.

Pilmapres tingkat Universitas Hasanuddin diikuti oleh 15 mahasiswa, yang merupakan utusan terbaik dari setiap fakultas. Proses ini diawali dengan seleksi tingkat fakultas yang berlangsung pada tanggal 10 – 30 Maret 2022. Selanjutnya, ke-15 mahasiswa tersebut bertemu pada seleksi tingkat universitas yang diselenggarakan pada tanggal 9 – 12 April 2022.

Seleksi tingkat universitas terbagi atas dua tahapan, yakni pada seleksi berkas dan penilaian capaian unggul. Pada tahap seleksi berkas, para mahasiswa menginput data pada sistem, berupa:

– Capaian Unggul (CU) yang memuat maksimal 10 prestasi terbaik;
– Naskah Gagasan Kreatif (GK), yang tahun ini mengambil tema “Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0”
– Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris (AcEPT/IELTS/TOEFL/TOEIC/TOEP).

Selanjutnya, tim seleksi mendalami penilaian Capaian Unggul, melakukan wawancara untuk klarifikasi berkas dan porto folio, melakukan tes kepribadian, dan menggelar tes presentasi Gagasan Kreatif oleh masing-masing kandidat, menggunakan bahasa Inggris.

Dari seluruh rangkaian proses seleksi tersebut, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni kemudian menetapkan tiga orang mahasiswa berprestasi dan seorang mahasiswa dengan predikat paling menginspirasi (The Most Inspiring Student).

Pada Rabu (20/4), pukul 16.00 Wita, Bidang Kemahasiswaan mengumumkan hasil seleksi Pilmapres Unhas tahun 2022, yaitu:

– Juara Pertama: Moh. Rifli Mubarak (Fakultas Hukum)
– Juara Kedua: Samintang (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
– Juara Ketiga: Karen Kurnia (Fakultas Kedokteran)
– The Most Inspiring Student: Andi Fitria Idham (Fakultas Keperawatan)

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., menyampaikan apresiasi atas semangat para mahasiswa untuk menampilkan potensi terbaik dari dirinya. Setiap mahasiswa menampilkan kekayaan gagasan kreatif, yang menunjukkan tingkat kematangan sebagai insan akademik.

Terkait:  Lulusan Terbaik Unhas Wisuda Periode IV Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022

“Kemampuan presentasi dan kecakapan berbahasa Inggris di atas rata-rata, bukti bahwa kualitas mahasiswa Unhas patut dibanggakan pada skala nasional, bahkan internasional. Untuk tahapan selanjutnya, bidang kemahasiswaan akan terus memberi pendampingan,” jelas Prof. Arsunan.

Juara Pertama pada ajang Pilmapres Unhas 2022, Moh. Rifli Mubarak, selanjutnya akan mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional, yang direncanakan pada sekitar bulan September 2022.(*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa