Berlangsung Tiga Hari, Proses Visitasi ASIIN untuk Dua Prodi di Unhas Resmi Berakhir

Proses visitasi lapangan oleh ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) yang telah berlangsung selama tiga hari resmi ditutup. Visitasi lapangan dilakukan terhadap dua program studi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, yakni Program Studi Perencanaan Wilayah Kota dan Program Studi Teknik Informatika.

Acara penutupan diisi dengan pemaparan hasil asesmen dari para asesor, berlangsung mulai pukul 20.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (26/11).

Mengawali pemaparannya, Prof. Dr. Heribert Vollmer, yang mewakili asesor ASIIN, mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan selama proses asesmen. Dua prodi memberikan dukungan serta kerja sama yang baik dan profesional. Sehingga, agenda visitasi terlaksana sesuai waktu yang ditetapkan.

“Untuk dua prodi tersebut memiliki penerapan proses administrasi yang baik dengan kurikulum dan modul pembelajaran yang memadai. Namun, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti perlunya evaluasi kembali program magang. Kurikulum juga bagus, tetapi sebaiknya dimodifikasi kembali untuk menjadi lebih baik dan modern sesuai kebutuhan kerja saat ini,” jelas Prof. Heribert.

Mewakili Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., selaku wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan rasa syukur atas selesainya proses visitasi. Beliau sangat mengapresiasi kinerja para tim Asesor maupun Task Force pada tingkat universitas maupun program studi yang telah melakukan persiapan maksimal.

Sejak awal pandemi Covid-19, intensitas pembelajaran online semakin meluas. Pandemi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia kependidikan. Namun, hal ini mendorong para sivitas akademika Unhas untuk terus berinovasi dan kreatif dalam proses pembelajaran. Prof. Restu yakin, ASIIN telah mengembangkan platform audit online yang lebih baik.

“Sejak awal akreditasi ASIIN di Unhas, kami telah mengadopsi berbagai saran dari para asesor terutama siklus PDCA dalam proses akademik untuk memperkuat Unhas menjadi universitas yang diakui secara internasional. Sebut saja beberapa prestasi dimiliki Unhas seperti menempati peringkat ke-5 dalam pemeringkatan perguruan tinggi nasional. Juga secara internasional berada di peringkat antara 351-400 di QS Asian University Ranking,” jelas Prof. Restu.

Terkait:  Rektor Unhas Hadiri Wisuda University of Rhode Island, Amerika Serikat

Lebih lanjut, Prof. Restu mengatakan masukan dan saran yang akan diberikan nantinya dapat berkontribusi dan semakin memperkuat komitmen Unhas untuk meningkatkan budaya mutu. Beliau juga mengapresiasi dua program studi Fakultas Teknik Unhas yang telah menyusun Self-Assessment Report (SAR) dengan baik untuk audit online yang dilakukan oleh ASIIN.

Sebelumnya, proses visitasi telah dilakukan mulai Rabu (24/11) oleh lima auditor dan satu orang project manager dari ASIIN terdiri atas:

1. Prof. Dr. Rüdiger Reishuck
2. Prof. Dr. Heribert Vollmer
3. Dr. Ing. Martin Rumberg
4. Prof. Dr. diplom ingenieur Martin Weischer
5. Mr. Iksan Mauludin
6. Ms. Yanna Sumkötter, ASIIN Project Manager

Proses penutupan berlangsung lancar hingga pukul 21.00 Wita. Hasil asesmen lengkap akan dikirimkan oleh para asesor untuk kemudian dilengkapi beberapa dokumen yang perlu ditambahkan. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa