Begini Prosedur Memperoleh Internet Murah Bagi Dosen dan Mahasiswa Unhas

Surat Edaran Rektor Unhas Nomor Nomor 8695/UN4.1/KP.11.03/2020 menyebutkan bahwa Universitas Hasanuddin memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk memanfaatkan internet murah, khususnya pada provider Telkomsel dan Indosat. Pada saat yang sama, Unhas juga memberikan bantuan biaya akses internet untuk seluruh mahasiswa strata satu.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk memudahkan dosen dan mahasiswa melaksanakan aktivitas proses pembelajaran daring sebagai respon situasi darurat Covid-19.

Direktur Sistem Teknologi dan Informasi Unhas, Muhammad Niswar, Ph.D menjelaskan bahwa Unhas melakukan langkah besar dengan memberikan bantuan biaya akses internet secara tunai kepada mahasiswa, dan pilihan untuk menggunakan fasilitas internet murah.

“Kami ketahui, bahwa mahasiswa itu menggunakan provider internet yang beragam, karena ini berkaitan dengan preferensi masing-masing. Kami kemudian mengadakan negosiasi dengan beberapa provider, dan telah mencapai kesepakatan dengan Telkomsel dan Indosat,” kata Niswar.

Dengan bantuan biaya akses yang nantinya akan diterima secara tunai, mahasiswa bebas memilih untuk menggunakan provider internet apa saja. Namun jika ingin memperoleh layanan yang lebih murah dari harga pasar, mahasiswa dan dosen dapat menggunakan Telkomsel dan Indosat, namun dengan mendaftar terlebih dahulu.

“Kami memfasilitasi pengurangan harga paket internet yang sangat signifikan. Silakan dosen dan mahasiswa mendaftarkan diri melalui portal yang kami siapkan, hingga tanggal 21 April 2020. Nama-nama yang mendaftar kemudian akan kami kirimkan ke Telkomsel atau Indosat untuk diaktivasi paket internetnya,” kata Niswar.

Registrasi untuk memperoleh paket murah internet Telkomsel dan Indosat ini dapat dilakukan melalui portal https://dsti.unhas.ac.id/covid19). Informasi mendetail terkait layanan kerja sama ini dapat dilihat pada portal tersebut.

Mahasiswa wajib memiliki NIM dan password portal akademik (NEOSIA) yang akan divalidasi secara online. Sementara dosen harus memiliki NIP dan password APPS. Pendaftar juga harus memiliki nomor Telkomsel atau nomor Indosat yang aktif.

Terkait:  Pelepasan Mahasiswa KKN-PK Internasional Angkatan Pertama Gelombang 108 Unhas

“Perlu kami tegaskan bahwa setiap provider hanya dapat memberikan fasilitas internet murah ini kepada satu pendaftar saja. Artinya, dosen atau mahasiswa dapat mendaftarkan hanya satu nomor di Telkomsel dan satu nomor di Indosat saja,” kata Niswar.

Fasilitas paket spesial internet untuk sivitas akademika Unhas akan memperoleh diskon hingga 70% jika dibandingkan dengan pembelian paket dengan harga normal.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa