ASIIN Laksanakan Visitasi Penilaian Kualitas Dua Prodi Fakultas Teknik Unhas

ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) menyelenggarakan visitasi dalam rangka asesmen terhadap dua program studi dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yakni Program Studi Perencanaan Wilayah Kota dan Program Studi Teknik Informatika.

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 15.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (24/11).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) Ketua Senat Akademik Unhas (Prof. Dr. Dadang A. Suriamihardja), Sekretaris Majelis Wali Amanah (Prof. Dr. Indriyanti Sudirman, SE, M.Si), pimpinan Dewan Profesor dan para Wakil Rektor dan Direktur serta Dekan di lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan rasa syukur atas proses asesmen akreditasi internasional yang kembali dilakukan di Universitas Hasanuddin. Beliau menuturkan bahwa asesmen tersebut sebagai pembuktian atas pencapaian Unhas yang terus berupaya meningkatkan mutu kualitas pendidikan melalui keterlibatan dalam akreditasi internasional.

Lebih lanjut, Prof Dwia menuturkan bahwa walaupun segala proses dilakukan secara daring, namun dalam prosedur pelaksanaan dan penilaian asesmen diharapkan dapat berjalan lancar dan berkualitas yang diikuti oleh kedua program studi yang divisitasi. Dengan harapan dapat memenuhi penilaian guna mendukung proses akademik yang diakui secara internasional.

“Capaian ini kita harapkan bersama untuk saling bersinergi menuju Unhas sebagai World Class University dengan pengembangan kurikulum berbasis internasional melalui program kerja sama internasional seperti pertukaran mahasiswa hingga kolaborasi penelitian dan publikasi yang dapat diterapkan pada seluruh program studi,” jelas Prof. Dwia.

Terkait:  Unhas Masuk Times Higher Education World University Ranking untuk Tiga Subyek

Setelah sambutan pembuka dari pimpinan Universitas, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dari para asesor ASIIN. Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan terkait proses pembelajaran serta capaian Unhas, utamanya kontribusi sampai pada kebijakan Unhas selama masa pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, sebanyak lima auditor dan satu orang project manager dari ASIIN terdiri atas:

1. Prof. Dr. Rüdiger Reishuck
2. Prof. Dr. Heribert Vollmer
3. Dr. Ing. Martin Rumberg
4. Prof. Dr. diplom ingenieur Martin Weischer
5. Mr. Iksan Mauludin
6. Ms. Yanna Sumkötter, ASIIN Project Manager

Pelaksanaan pembukaan asesmen ASIIN berlangsung lancar hingga pukul 16.30 Wita dan dilanjutkan dengan proses asesmen pada masing-masing prodi yang diakreditasi. Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (26/11).

Akreditasi internasional ASIIN di Unhas merupakan pelaksanaan asesmen Batch 3 untuk program studi pada Cluster E dari 6 Cluster yang akan divisitasi. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa