Asesor AUN-QA dari Empat Negara Lakukan Visitasi Terhadap Empat Prodi Unhas

ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) melaksanakan visitasi dalam rangka asesmen terhadap empat program studi dari tiga Fakultas di Universitas Hasanuddin. Asesmen ini merupakan kegiatan ke-247 yang diselenggarakan oleh AUN-QA.

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (22/11).

Turut hadir Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Ketua Senat Akademik Unhas, Ketua Dewan Profesor, perwakilan Majelis Wali Amanat (MWA), para wakil rektor dan direktur serta dekan di lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan rasa senang atas proses asesmen ini. Meskipun pelaksanaan berlangsung virtual, namun beliau meyakini para asesor AUN-QA telah menetapkan prosedur yang baik untuk penilaian online. Sehingga kualitas penilaian akan sama atau bahkan lebih baik dari penilaian langsung.

Lebih lanjut, Prof. Dwia mengatakan penilaian prodi di Unhas tidak hanya mendorong dan memotivasi untuk meningkatkan kualitas di tingkat internasional. Tetapi juga memberikan kesempatan lebih luas untuk mengembangkan jaringan dan kerja sama dengan institusi lain di seluruh dunia, terutama pendidikan tinggi di lingkup negara ASEAN. Hal ini juga sejalan dengan visi misi Unhas untuk meningkatkan eksistensi dan keterlibatannya secara internasional.

“Komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas terus tumbuh dan telah menjadi semangat sejak awal pendirian universitas kami tahun 1956. Sebagai universitas terbesar di Indonesia Timur, Unhas telah menghadirkan lebih dari 213 program studi yang terdiri dari 10 program vokasi, 67 program sarjana, 69 program magister, 28 program doktor, 8 program profesi, dan 31 program spesialis dengan jumlah mahasiswa sekitar 35.000,” jelas Prof. Dwia.

Terkait:  Dies Natalis ke-39, Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Luncurkan Kampus Sehat

Sebagai bagian dari akuntabilitas Unhas, seluruh prodi saat ini telah terakreditasi secara nasional baik oleh BAN-PT maupun LAM-PTKes. Saat ini, Unhas telah memiliki 38 prodi yang telah terakreditasi secara internasional atau disertifikasi oleh lembaga internasional seperti ABET, ASIIN, ABEST-21 dan AUN-QA.

Sejak beberapa tahun terakhir, Unhas telah memfasilitasi dan mendorong semua program studi untuk diakui secara internasional. Beberapa langkah strategis yang dilakukan dalam upaya program pengembangan prioritas seperti kelas internasional, pertukaran mahasiswa dan staf, penelitian bersama hingga akreditasi internasional.

Mewakili AUN-QA, Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug (De La Salle University, Filipina) sebagai ketua tim asesor dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena Unhas merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang mempunyai komitmen tinggi untuk pengembangan kualitas dan aktif memberikan dukungan organisasi AUN-QA. Beliau mengatakan, meskipun dilaksanakan secara online, akan tetapi rangkaian kegiatan sesuai dengan prosedur untuk menjamin kualitas proses. Dengan demikian, Prof. Wyona berharap hasil asesmen sesuai dengan harapan sivitas akademika Unhas.

Dalam kesempatan ini, sebanyak empat prodi akan dikunjungi dan dinilai oleh AUN-QA, yaitu:

– Prodi S1 Ilmu Sejarah (Fakultas Ilmu Budaya)
– Prodi S1 Sastra Jepang (Fakultas Ilmu Budaya),
– Prodi S1 Statistik (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam),
– Prodi S1 Sosiologi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (26/11).

Adapun delegasi AUN-QA tersebut terdiri atas:

1. Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug (De La Salle University, Filipina)
2. Dr. Nguyen Huy Phuc (Industrial University of Ho Chi Minh City, Vietnam)
3. Assoc. Prof. Dr. Ornsiri Cheunsuang (Chulalongkorn University, Thailand)
4. Prof. Dr. Aleth Therese L. Dacanay (University of Santo Tomas, Filipina)
5. Prof. Dr. Rohaida Mohd. Saat (University of Malaya, Malaysia)
6. Asst. Prof. Dr. Jutarat Vibulphol (Chulalongkorn University, Thailand)
7. Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University, Filipina)
8. Assoc. Prof. Dr. Watana Padgate (Naresuan University, Thailand)
9. Mr. Wanthep Nakthippiman (AUN-QA Assessment Officer, Thailand)

Terkait:  Penutupan Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan I di Unhas

Pelaksanaan pembukaan asesmen ke-247 AUN-QA berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita dan dilanjutkan dengan proses asesmen pada masing-masing prodi yang terlibat. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa