Aria Adiputra dan Karen Kurnia Mahasiswa FK Unhas Runner Up RespiQuizz 2022

Aria Adiputra Yusuf dan Karen Kurnia mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) angkatan 2019 Universitas Hasanuddin meraih gelar runner up dalam ajang RespiQuizz 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian The 23rd International Meeting on Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2022, yang diselenggarakan oleh The Society of Respiratory Care Indonesia, secara hybrid di Jakarta, Minggu (19/6).

RespiQuizz ini adalah perlombaan tahunan bagi mahasiswa kedokteran tingkat internasional mengenai ilmu respirasi. Tahun ini perlombaan diikuti sebanyak 17 tim dari beberapa FK kampus se-Indonesia, termasuk juga dari negeri tetangga, University of Philipines.

Berdasarkan hasil pengumuman yang disampaikan dalam rangkaian RESPINA 2022, ajang RespiQuizz dimenangkan oleh mahasiswa FK Universitas Gajah Mada sebagai juara pertama, mahasiswa FK Universitas Hasanuddin juara kedua, dan mahasiswa FK Universitas Indonesia juara ketiga.

Melalui wawancara, Karen Kurnia menjelaskan keikutsertaan timnya dalam berkompetisi. Ia menuturukan rangkaikan kegiatan diawali dengan tahapan penyisihan CBT (computer based test) pada 28 Mei lalu dan berhasil lolos ke babak final.

“Terdapat dua tahap pada kompetisi ini, tahap pertama adalah CBT online, selanjutnya dipilih 3 tim sebagai finalis yaitu FK UI, Unhas, dan UGM. Tahap final terdiri dari 2 babak, babak pertama terdiri dari 10 soal yang dijawab bersama dalam waktu 3 menit, lalu babak kedua terdiri dari 10 soal, dimana 5 soal dijawab oleh anggota 1 dan 5 soal berikutnya dijawab oleh anggota 2,” jelas Karen.

Lebih lanjut, Karen mengaku sering mengikuti berbagai kesempatan kompetisi guna menambah pengetahuan dan pengalaman di bidangnya. Menurutnya peluang tersebut menjadi motivasi dalam mengarahkan dan mengembangkan potensi diri.

“Melalui kompetisi ini kami mendapat ilmu lebih mengenai sistem pernapasan / respirasi yang tentunya dapat berguna bagi kami calon dokter. Kami juga mendapat banyak apresiasi baik dari panitia lomba maupun dari pihak fakultas dan bimbingan dari dokter senior, yang selalu mendampingi dan menyediakan fasilitas pendukung,” kata Karen.

Terkait:  Program Sarjana, Magister, dan Doktor FKM Unhas Jalani Visitasi Akeditasi Internasional ASIIN

Keberhasilannya meraih gelar runner up dalam Respiquizz 2022 ini, berkat bimbingan dari para dosen pembimbing yang dipimpin Dr. dr. Irawati Djaharuddin, Sp.P(K), selaku Ketua Program Studi Spesialis Pulmonologi FK Unhas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FK Unhas Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin M.KM., mewakili pimpinan FK Unhas, menyambut baik dan turut berbangga atas pencapaian mahasiswa yang berhasil meraih juara kedua pada Respiquizz 2022.

“Kami akan terus mendorong dan memfasilitasi pencapaian prestasi para mahasiswa FK Unhas, baik nasional maupun internasional, yang juga membawa nama fakultas lebih unggul dan terdepan,” tutup Dr Alfian. (*/fk/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa