Alumni Unhas Rintis Usaha Kuliner Kekinian Anak Millenial

Merintis bisnis tak selamanya berjalan mulus. Menghadapi jatuh bangun kegagalan tentu menjadi rintangan yang harus dilalui menuju keberhasilan. Itu pula yang dirasakan oleh Fadil Ihsan yang merupakan alumni Universitas Hasanuddin angkatan 2015 pada program studi Ilmu Komunikasi yang terjun dalam bisnis kuliner kekinian.

Sebagai owner @Kaku.food, banyak hal yang telah dilalui oleh Fadil. Memulai kembali usaha kulinernya setelah sebelumnya gagal dibidang usaha yang sama dengan konsep yang berbeda pada tahun 2016.

Pada kesempatan wawancara (28/04), Fadil menjelaskan alasan utama tetap bertahan dalam bidang bisnis kuliner karena merupakan bagian dari hobi jalan-jalan dan sering ngemil. Tak hanya itu, karena melirik kebutuhan anak muda yang tertarik dengan jajanan kekininian membuatnya yang saat itu masih berstatus mahasiswa tertantang menghadirkan jajanan menarik dengan harga terjangkau.

Berawal dari modal 15 juta, Fadil membuka cabang pertamanya di tahun 2020, berlokasi di Bumi Tamalanre Permai (BTP), Makassar, yang cukup strategis. Fadil memilih nama usaha “Kaku Food”, berasal dari Bahasa Jepang yang artinya menulis.

“Dulu ada banyak pilihan nama, akhirnya memilih nama Kaku karena mudah diingat dalam keseharian dan branding di pelanggan juga mudah diingat,” jelas Fadil.

Bisnis yang dijalani saat ini adalah bentuk kerja sama Fadil bersama saudara dan pihak penyedia jasa sewa tempat usaha. Hingga akhirnya saat ini @kaku.food telah membuka enam cabang di Kota Makassar, yaitu di daerah Manggala, Tamalanrea, Tamalate, Daya, Panakukang dan Cendrawasih dengan total karyawan kurang lebih 36 orang.

“Saya dan tim sudah beberapa kali gagal, sehingga saya pelajari polanya. Kita merasa tiap tahun memang harus ada target. Ini bukan soal sebarapa banyak cabang, tapi model bisnisnya Kaku Food itu ghost kitchen atau penjualan yang fokus di ojek online, yang cuma butuh dapur dengan modal kecil dan banyak tempat,” tambah Fadil.

Terkait:  Jusuf Kalla, Ketua IKA Unhas Periode 1997-2022 Terima Bintang Jasa Tertinggi Pemerintah Jepang

Berkat keberhasilan mengelola enam outlet dengan menarik costumer dikalangan pelajar, mahasiswa serta pegawai perkantoran, Kaku Food mendapat penghargaan dari Mitra Grabfood sebagai “Merchant Favorite in Snack Category” 2021. Terbukti dengan menu yang paling sering dipesan pangsit goreng dan cireng.

“Kami belum ada perbandingan bagaimana sebelum pandemi. Dari awal kaku food modelnya memang online, sehingga saat pandemi dan semua orang beralih ke online kami telah online sejak awal. Customer Kaku Food umumnya memesan melalui Grab dan Gojek,” ungkap Fadil.

Fadil berharap Kaku Food tetap mampu bersaing dengan bisnis kuliner lainnya dan terus berkembang membuka banyak cabang lagi sebagai lapangan pekerjaan seluas-luasnya.(*/dhs)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa