Ahli Asal Taiwan Narasumber pada Virtual Simposium Internasional FKG Unhas

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Virtual Simposium Internasional seri tujuh dengan mengusung tema “New Advance in Dental Biomaterial”. Hadir sebagai narasumber adalah Prof. Yung-Kang Shen (Collage of Oral Medicine School of Dental Technology, Taipei Medical University, Taiwan).

Kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-38 FKG Unhas berlangsung mulai pukul 14.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FKG Unhas, Jumat (26/02).

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah meluangkan waktu berbagi ilmu dan pengalaman di Unhas. Kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk bertukar informasi terkait perkembangan dunia kedokteran, khususnya dalam bidang kedokteran gigi.

“Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan wadah ini untuk berjejaring, mencari dan menemukan gagasan riset terbaru, serta menemukan informasi untuk materi belajar bagi mahasiswa,” kata Prof Restu.

Dalam presentasinya, Prof Yung Kang mengulas tentang “The Nano-Topology Influence of the Nanostructure of Biomedical Thin Film on the Behavior of Osteoblast – Like Cell”. Penelitian ini dibuat nanopilar (polylactic acid (PIA) dan polycarbonate (PC)) dengan template AAO, menggunakan nanoimprint untuk kemudian membahas sifat permukaan dan mengamati perilaku sel mirip osteoblas.

Dari penelitian tersebut,Prof Yung Kang menunjukkan bahwa adhesi dan penyebaran sel dapat dipengaruhi oleh fitur topografi permukaan dengan level nanometer. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa struktur nano dapat berperilaku seperti sel osteoblas. Perbedaan adhesi dan proliferasi sel yang signifikan bergantung pada bentuk dan kontak area struktur nano.

Setelah menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang mengikuti kegiatan.

Terkait:  MWA Unhas Menyetujui Pembukaan dua Program Studi Baru Fakultas Kedokteran Gigi

Presentasi Prof Yung Kang dipandu oleh Dr. drg. Maria Tanumihardja, Md.Sc., (Dosen Departemen Kedokteran Gigi Konservatif, FKG Unhas) selaku moderator. Kegiatan ini dihadiri lebih 100 peserta dan berlangsung lancar hingga pukul 16.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa