504 Dosen dan Tenaga Kependidikan Unhas Terima Booster Vaksinasi Covid-19

Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung upaya peningkatan imunitas dan perlindungan secara klinis dari paparan Covid-19, Universitas Hasanuddin kerja sama Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Kota Makassar menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (Booster) kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Pelayanan ini telah berlangsung mulai Senin (14/02) hingga Selasa (15/02) di GOR JK Arenatorium, Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar. Sebanyak 504 dosen dan tenaga kependidikan Unhas yang mengikuti layanan vaksinasi booster yang terselenggara selama dua hari tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Syahidah, S.Hut., M.Si., Ph.D., salah satu Dosen Fakultas Kehutanan Unhas yang juga menerima layanan vaksinasi menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan Unhas kepada para dosen maupun tendik melalui layanan vaksinasi booster.

Dirinya mengatakan, hal ini merupakan langkah strategis untuk memberikan perlindungan lebih kepada sivitas akademika Unhas. Sekaligus, dalam proses perkuliahan yang berlangsung secara hybrid.

“Setelah sukses menyelenggarakan layanan vaksinasi dosis 1 dan 2, kami bersyukur bisa kembali memperoleh akses kemudahan untuk mendapatkan vaksinasi booster. Pelayanannya alhamdulillah baik, berlangsung tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Secara keseluruhan berlangsung dengan bagus sekali. Saya harap, untuk sertifikat vaksinnya nanti bisa mudah untuk diperoleh dan prosesnya cepat,” jelas Syahidah.

Hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap. Olehnya itu, dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan. Untuk jenis vaksin yang disediakan Unhas dalam layanan vaksinasi ini adalah Pfizer dan Moderna.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Kuliah Tamu Hadirkan Narasumber dari Universitas Nottingham

Unhas terus memberikan upaya dan kontribusi terbaik dalam mendukung berbagai upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Sebelumnya, Unhas juga telah memberikan fasilitas layanan vaksinasi dosis primer kepada seluruh sivitas akademika Unhas hingga alumni. Dengan demikian, diharapkan apa yang menjadi tujuan bersama bisa tercapai dengan keterlibatan seluruh pihak termasuk perguruan tinggi.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lanjutan (Booster) berlangsung lancar hingga pukul 15.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa