Kompetensi Lulusan

used-wisuda-upay-resizeKOMPETENSI UTAMA

Kompetensi utama Ilmu Komunikasi merupakan kompetensi penciri lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi

Konsentrasi Jurnalistik

  • Menguasai konsep dasar-dasar teoretis ilmu komunikasi dalam mendalami dan mempraktikkan jurnalistik baik untuk kebutuhan media massa (surat kabar, radio, TV dan film) maupun media baru (internet).
  • Mampu memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan praktik jurnalistik dan pengelolaan media massa dan media baru.
  • Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam suatu tim kerja atas dasar kolegalitas yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan di bidang jurnalistik, dan melaksanakan secara profesional dengan penuh rasa tanggung jawab.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam memilih solusi yang tepat untuk penyelesaian masalah prosedural jurnalistik dalam praktik.

Konsentrasi Public Relations

  • Menguasai konsep dasar-dasar teoretis ilmu komunikasi dalam mendalami dan mempraktikkan humas/hubungan masyarakat (public relations) untuk kepentingan lembaga publik, korporasi, maupun untuk lembaga-lembaga sosial lainnya.
  • Mampu memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan praktik Public Relations dan pengelolaan lembaga informasi publik, perusahaan swasta komersial, maupun lembaga sosial lainnya.
  • Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam suatu tim kerja atas dasar kolegalitas yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan di bidang public relations, dan melaksanakan secara profesional dengan penuh rasa tanggung jawab.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dalam memilih solusi yang tepat untuk penyelesaian masalah prosedural dalam praktek Kehumasan (public relations).

Konsentrasi Broadcasting

  • Menguasai konsep dasar-dasar teoretis ilmu komunikasi dalam mendalami dan mempraktekkan penyiaran Radio dan Televisi (TV and radio Broadcasting) untuk kepentingan lembaga penyiaran publik, bisnis (commercial) maupun untuk lembaga penyiaran komunitas
  • Mampu memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan untuk praktek penyiaran Radio dan Televisi (Broadcasting), dan pengelolaan lembaga penyiaran publik, bisnis (commercial) maupun untuk lembaga penyiaran komunitas
  • Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam suatu tim kerja atas dasar kolegalitas yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan di bidang penyiaran, dan dilaksanakan secara profesional dengan penuh rasa tanggung jawab.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dalam memilih solusi yang tepat untuk penyelesaian masalah prosedural dalam praktik penyiaran radio dan televisi (TV and radio broadcasting).

KOMPETENSI PENDUKUNG

Kompetensi pendukung Ilmu komunikasi adalah kompetensi yang ditambahkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi untuk memperkuat kompetensi utamanya dan memberi ciri keunggulan Program Studi Ilmu Komunikasi.

Konsentrasi Jurnalistik

Menguasai metode peliputan dan penulisan berita yang bernilai informasi, hiburan, pendidikan, dan opini.

  • Menguasai penggunaan peralatan dalam pengambilan berita berupa alat rekaman suara atau gambar, alat fotografi, dan pengoperasian komputer dalam proses produksi berita
  • Memiliki keterampilan menulis, mengedit, dan memproduksi berita.
  • Memiliki keterampilan wawancara dengan sumber berita .
  • Mampu mengelola lembaga media massa (surat kabar, radio, TV, media online) dengan berpedoman terhadap nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.

Konsentrasi Public Relations

  • Menguasai metode riset opini publik dan cara-cara pengendaliannya
  • Menguasai metode produksi media baik untuk media besar (media massa) maupun media format kecil (media lini bawah dan lini atas).
  • Menguasai penggunaan perlatan dalam pengambilan gambar, rekaman, pengoperasian komputer, data base, dan media online.
  • Mampu menciptakan hubungan yang baik dengan media massa, kelompok masyarakat atau komunitas, maupun kelompok lainnya yang memiliki hubungan dengan kepentingan lembaga yang dipimpinnya.
  • Mampu mengelola lembaga Public Relations dengan berpedoman terhadap nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.

Konsentrasi Broadcasting

  • Menguasai metode peliputan dan penulisan berita yang bernilai informasi, hiburan, pendidikan, dan opini.
  • Menguasai penggunaan peralatan dalam pengambilan berita berupa alat rekaman suara dan gambar, alat fotografi, dan pengoperasian komputer dalam proses produksi berita.
  • Menguasai metode pengambilan gambar untuk layak siar, baik outdoor maupun indoor studio.
  • Mampu menjadi presenter dalam siaran berita, talkshow, maupun sebagai pengarah acara.
  • Mampu menyusun telaah (evaluasi) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses pengelolaan lembaga dan kegiatan penyiaran/ reportase/presentasi.
  • Mampu mengelola lembaga dan kegiatan penyiaran/reportase/ presentase acara/program radio dan TV dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.

KOMPETENSI LAINNYA

Kompetensi lainnya adalah kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai ciri lulusannya dan untuk memberi bekal lulusan agar mempunyai keluasan dalam memilih bidang kehidupan serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Konsentrasi Jurnalistik

  • Memahami aspek-aspek sosiologis masyarakat yang bisa membantu dan memudahkan dalam melaksanakan profesinya sebagai jurnalis.
  • Memahami perkembangan global dalam memperluas wawasannya sehingga bisa berpikir secara komprehensif dalam peliputan suatu berita.
  • Memiliki jaringan dengan sumber berita.
  • Mengetahui dan berpegang teguh pada undang-undang, etika, dan moralitas yang berkaitan dengan profesi jurnalistik, seperti Undang-Undang Pers, Undang-Undang Penyiaran, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, dan Undang-Undang tentang informasi dan transaksi elektronik, Kode Etik Jurnalistik, dan lain-lain.

Konsentrasi Public Relations

  • Memahami aspek-aspek sosiologis masyarakat yang bisa membantu dan memudahkan dalam menjalankan profesinya sebagai petugas public relations/kehumasan.
  • Memahami perkembangan global dalam memperluas wawasannya sehingga bisa berpikir secara komprehensif dalam pengambilan kebijakan dan keputusan yang berkaitan dengan lembaga kehumasan/public relations di mana ia bekerja.
  • Memiliki jaringan luas dengan kelompok-kelompok publik/masyarakat, komunitas, dan organisasi-organisasi social maupun politik.
  • Mengetahui dan berpegung teguh pada undang-undang, etika, dan moralitas yang berkaitan dengan profesi kehumasan, seperti undang-undang pers, undang-undang penyiaran, undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, dan Undang-undang tentang informasi dan transaksi elektronik, Kode Etik Public Relations dan lain-lain.

Konsentrasi Broadcasting

  • Memahami aspek-aspek sosiologis masyarakat yang bisa membantu dan memudahkan dalam menjalankan profesinya sebagai Broadcaster.
  • Memahami perkembangan global dalam memperluas wawasannya sehingga bisa berpikir secara komprehensif dalam pengambilan kebijakan dan keputusan yang berkaitan dengan lembaga penyiaran di mana ia bekerja.
  • Memiliki jaringan yang luas dengan kelompok-kelompok publik/ masyarakat, komunitas, dan organisasi-organisasi sosial maupun politik sebagai narasumber dalam pemberitaan.
  • Mengetahui dan berpegang teguh pada undang-undang, etika, dan moralitas yang berkaitan dengan profesi penyiaran, seperti Undang-undang penyiaran, Undangundang pornografi, Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, dan Undang-undang tentang informasi dan transaksi elektronik, Kode Etik Penyiaran, dan lain-lain.