Deskripsi Umum | Tujuan Pembelajaran |Kurikulum | Modul

Program ini terdiri dari 180 SKS, di mana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 ; Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Perawat Profesional (Ners).

Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 8 (delapan) semester selama 4 (empat) tahun yang terdiri dari 46 mata kuliah dengan 144 SKS. Studi tahun pertama memberikan keterampilan dasar dan pengetahuan tentang teori dan praktik keperawatan dasar. Tahun ke-2 dan ke-3 program studi menawarkan pentingnya teori dan praktik keperawatan. Tahun ke-4 studi terutama memberikan praktik klinis yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti.

Program perawat profesional (Ners) diselesaikan dalam 2 (dua) semester selama setahun yang terdiri dari 13 mata kuliah dengan 36 SKS. Selama tahun ke-5, mahasiswa akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas.

VISI

“Pada tahun 2025, Program Studi Ilmu Keperawatan menjadi pusat ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang insani, berbasis Benua Maritim Indonesia dan berdaya saing global yang unggul dalam bidang Keperawatan Penyakit Tropis

MISI

  1. Meningkatkan mutu pendidikan keperawatan melalui  sistem pendidikan terpadu dan  berbasis kompetensi dengan memanfaatkan para tenaga profesional kesehatan dan penyelenggaraan manajemen yang akuntabel

  2. Memacu aktivitas penelitian di lingkungan Prodi Ners Unhas yang berfokus pada keperawatan penyakit tropis dan memiliki daya ungkit bagi pengembangan mutu pendidikan dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan IPTEKS mutakhir

  3. Melakukan pengabdian masyarakat bersama mahasiswa secara lintas program dan sektoral dalam bentuk desa binaan, pelatihan, seminar, dan workshop

  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang efektif dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi

  5. Menjalin kerjasama dengan pusat-pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik  lokal, regional, nasional dan internasional

Spesifikasi Program

Nama Program
Sarjana Keperawatan (S.Kep) + Profesi Ners (Ners)
Intitusi
Universitas Hasanuddin
Alamat
Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Indonesia 90245
Email dan Website
keperawatan@unhas.ac.idfakultaskeperawatanunhas@gmail.com
unhas.ac.id/keperawatan/nursing
Detail akreditasi oleh badan profesional atau hukum
Peringkat akreditasi = ‘B’ oleh LAM- PTKES pada tahun 2014 dengan Surat Keputusan No. 488 / SK / BAN-PT / Akred / PN / XII / 2014
Nama Gelar
Sarjana Keperawatan (S.Kep)
Perawat Profesional (Ners)
Tujuan
Hasil Pembelajaran Program (PLO)
Lulusan akan mampu:
1. Melakukan komunikasi efektif, komunikasi terapeutik dalam memberikan perawatan kesehatan, dan kemampuan untuk membangun hubungan antarprofesi yang efektif.
2. Mendidik dan meningkatkan status  kesehatan pasien, keluarga, dan masyarakat di pusat pelayanan kesehatan dan area komunitas.
3. Menunjukkan praktek asuhan keperawatan profesional  secara komprehensif pada pasien yang berfokus pada aspek biopsikososial, budaya, dan spiritual.
4. Bertindak sebagai manajer dan pemimpin dalam asuhan keperawatan demi menjaga keselamatan pasien dan untuk mengevaluasi layanan asuhan keperawatan.
5. Mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan melakukan penelitian keperawatan.
Intended Learning Outcomes (ILO) terdiri dari:
A. Sikap (S)
S1. Mampu menunjukkan sikap peka budaya sesuai prinsip etika dan aspek legal keperawatan;
S2. Memiliki kemampuan bekerja keras, gigih, dan pantang menyerah sebagaimana jiwa maritim dalam pencapaian tujuan perawatan pasien sesuai dengan wewenang dan tanggungjawabnya, utamanya dalam perawatan pasien dengan penyakit tropis.;
B. Pengetahuan (P)
P1. Menguasai konsep dan teori keperawatan dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien serta prinsip manajemen keperawatan di berbagai tatanan pelayanan kesehatan berdasarkan hasil-hasil penelitian;
P2. Menguasai ilmu pengetahuan, sistem informasi, dan teknologi di bidang keperawatan dan kesehatan;
C. Keterampilan Umum (KU)
KU1. Mampu mengkomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi secara lisan dan tulisan yang bermanfaat bagi pengembangan profesi keperawatan di tingkat nasional dan international yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi;
KU2. Memiliki kompetensi kerja dalam melaksanakan asuhan dan pelayanan keperawatan yang mampu bersaing secara nasional dan global.
D. Keterampilan Khusus (KK)
 KK1. Mampu mengelola asuhan keperawatan yang komprehensif dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) berdasarkan hasil penelitian sesuai standar asuhan keperawatan di seluruh area keperawatan khususnya pada penyakit tropis yang umum terjadi di daerah maritim sesuai dengan kewenangannya;
KK2. Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat untuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya;
KK3. Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat dalam lingkup tanggungjawabnya melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.
KK4. Mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan dengan menerapkan keterampilan meneliti dan mengintegrasikan teori ke dalam praktek keperawatan.
Persyaratan Pendaftaran
Ada tiga opsi untuk masuk ke program ini: Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Universitas Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Lokal (JNS)
Persyaratan masuk umum untuk ketiga jenis penerimaan ini adalah pelamar telah berhasil menyelesaikan pendidikan menengah mereka (Sekolah Menengah Atas) yang ditunjukkan dengan ijazah kelulusan dari Sekolah Menengah Atas.
Persyaratan masuk khusus untuk setiap opsi pendaftaran:
1. Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN)
SNMPTN dilakukan berdasarkan penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan laporan dari semester pertama hingga kelima selama 3 tahun SMA dan portofolio akademik.
b. Sekolah yang siswanya melamar SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan prestasi akademik siswa terdaftar Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) / Database Sekolah dan Siswa.
c. Pelamar memiliki Nomor Identitas Mahasiswa Nasional, memiliki kinerja akademik yang unggul, dan didokumentasikan dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) / Database Sekolah dan Siswa.
2. Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
a. Siswa lulusan dari Sekolah Menengah Atas yang telah lulus maksimal tiga tahun terakhir dan telah memiliki ijazah kelulusan.
b. Siswa SMA yang baru saja dinyatakan lulus dan belum memeperoleh ijazah, diperkenankan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang berisi identitas mahasiswa, foto terbaru lulusan, and stempel asli sekolah asal.
3. jalur Masuk Tingkat Universitas (tiga jenis)
a.  Jalur Non-Subsidi
i.Terdaftar sebagai peserta SBMPTN di tahun berjalan.
ii. Mereka yang telah lulus SBMPTN pada tahun tersebut tidak diizinkan mendaftar.
iii. Harus terdaftar di salah satu program studi Universitas Hasanuddin melalui SBMPTN pada tahun tersebut.
b. Jalur Prestasi Olahraga, Seni dan Sains
Harus memiliki prestasi di turnamen / level nasional dalam olahraga, seni, dan / atau sains.
c. Jalur kerjasama untuk transfer kurikulum
Telah menyelesaikan program Dploma 3 tahun dalam bidang keperawatan
Bekerja sebagai perawat
Mendapatkan beasiswa  dari pemerintah atau lembaga tempat kerja mereka yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Universitas Hasanuddin.
Penerimaan Siswa Tahunan
  100 mahasiswa per tahun
Struktur dan Konten Program
Program ini terdiri dari 180 SKS, di mana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 fase; Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan program perawat profesional (Ners)
Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 8 (delapan) semester selama 4 (empat) tahun yang terdiri dari 46 mata kuliah dengan 144 SKS. Studi tahun pertama memberikan keterampilan dasar dan pengetahuan tentang teori dan praktik keperawatan dasar. Tahun ke-2 dan ke-3 program studi menawarkan pentingnya teori dan praktik keperawatan. Tahun ke-4 studi terutama memberikan praktik klinis yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti.
Program perawat profesional (Ners) diselesaikan dalam 2 (dua) semester selama setahun yang terdiri dari 13 mata kuliah dengan 36 SKS. Selama tahun ke-5, mahasiswa akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas.
Strategi Pengajaran, Pembelajaran, dan Metode Penilaian
Sepanjang tahun pertama hingga tahun ke-4 studi, mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar yang bervariasi, mulai dari model pembelajaran kelas, praktek laboratorium, dan early eksposure baik di rumah sakit/puskesmas maupun di komunitas. Sementara pada fase praktek pprofesi di tahun ke-5, digunakan metode preseptorship atau pendampingan oleh instruktur klinik ataupun supervisor institusi
Berbagai metode pembelajaran aktif (Active Lerning) digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan pembelajaran yang berbeda, dan tidak ada mata kuliah yang hanya mengandalkan satu metode pengajaran saja. Beberapa contoh metode pembelajaran yang digunakan antara lain: seminar, studi kasus, bermain peran, diskusi kelompok kecil, think-pair-share, gallery walk, jigsaw, pembelajaran langsung, investigasi kelompok, lokakarya, ceramah, pembelajaran berbasis proyek, demonstrasi, diskusi refleksi kasus, pembelajaran berbasis masalah, latihan keterampilan klinis, dan praktek lapangan.
Pembelajaran dinilai dengan presentasi lisan, partisipasi dalam kelas, laporan karya tulis ilmiah dalam berbagai jenis, portofolio, esai, tes lisan, observasi, pemeriksaan klinis terstruktur objektif (OSCE), kinerja tugas, ujian MCQ, tes komprehensif, pengamatan langsung keterampilan prosedural (DOPS), laporan mahasiswa, peer review, pengamatan kelompok dan proses individu pada penugasan berbasis proyek.
Periode studi standar dan poin kredit yang diperoleh
10 Semester (8 semester untuk BN & 2 semester untuk PN)
180 SKS sama dengan 301.00 ECTS
Tipe
Model Penuh (Full time)
Tanggal mulai program dalam tahun akademik dan pertama kali program ditawarkan
Tanggal mulai dalam tahun akademik: Agustus Minggu Ketiga setiap tahun.
Program ini dibuka sejak tahun 1999
Aturan Tambahan
Peraturan Akademik:
• Pada kegiatan early exposure, siswa tidak diizinkan untuk melakukan intervensi keperawatan berisiko tinggi seperti: prosedur invasif.
• Untuk dapat memprogram mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata), smahasiswa harus telah menyelesaikan setidaknya 110 SKS.
• Untuk dapat memprogram skripsi sarjana, siswa harus telah melusi semua mata kulian lainnya.
Peraturan Praktek Profesi Ners:
• Mahasiswa harus memprogramkan Praktek Keperawatan Dasar sebelum memprogramkan gerbong praktek keperawatan lanjut lainnya.
• Untuk dapat memprogramkan mata kuliah Peminatan Keperawatan, mahasiswa harus telah melulusi semua gerbong praktek keperawatan lainnya.
Aturan Drop-Out
Aturan drop-out didasarkan pada Surat Keputusan oleh Rektor Universitas Hasanuddin (nomor 1870 / H04 / 2009).
Siswa dinyatakan drop-out apabila:
• Mengundurkan diri sendiri.
• Alasan akademis:
• Mahasiswa yang pada akhir semester keempat tidak mencapai IPK = 2.00 dihitung dari setidaknya 48 kredit yang telah dicapai,
• Belum menyelesaikan studi pada akhir semester ke-14.
  • Pelanggaran etika dan aturan hukum berdasarkan Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin (Nomor 46919 / UN.2 / IT.03 / 2016) tentang Pelanggaran Etis Mahasiswa.
Persyaratan Khusus
Siswa tidak menderita buta warna dan / atau cacat yang diidentifikasi selama pemeriksaan medis pada tahap registrasi ulang.
Profil Lulusan
• Komunikator
• Pendidik  Kesehatan
• Penyedia layanan kesehatan
• Manajer dan Pemimpin
• Peneliti
Kesempatan kerja
97,6% alumni bekerja dengan keahlian mereka dengan masa tunggu kerja rata-rata 2 bulan.
Fasilitas Belajar Mengajar
1. Fasilitas ruang kelas
2. Fasilitas Laboratorium Keterampilan Keperawatan
3. Penyediaan TI / akses internet gratis dan fasilitas komputer
4. Perpustakaan, perpustakaan elektronik (http://digilib.unhas.ac.id.), Dan jurnal elektronik (http://journal.unhas.ac.id) dan Ruang Baca
5. Fasilitas e-learning (Learning Management System)
6. Pusat olahraga universitas
7. Serikat Mahasiswa dan Klub
8. Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin & Rumah sakit Mitra
9. Puskesmas Mitra
Staf Akademik (Anggota Fakultas)
Secara total, ada 31 staf akademik:
• 3 Associate Professor
• 28 Asisten Profesor (Alumni perguruan luar negeri dan lulusan PTN top dalam negeri)
Tanggal di mana spesifikasi program direvisi
Desember 2017

Perspektif kerja

Perspektif kerja untuk perawat di Indonesia cukup menjanjikan karena ada banyak kesempatan kerja di bidang keperawatan bagi mereka. Program S.Kep + Ners di UH adalah program tertua dan terbaik di Indonesia Timur dan oleh karena itu, menjadi tujuan studi untuk perawat potensial di wilayah tersebut. Meskipun ada banyak lulusan keperawatan dari institusi lain, lulusan kami masih unggul dimintai oleh penyedia layanan kesehatan. Sebagian besar dari mereka bekerja di berbagai fasilitas layanan kesehatan, sebagai praktisi perawat dan manajer perawat di rumah sakit umum dan swasta, Dinas Kesehatan, Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), dan layanan perawatan kesehatan lainnya. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sebagai manajer di Lembaga Asuransi Kesehatan (BPJS) dan manajer program di Departemen Kesehatan. Peluang kerja lain untuk lulusan kami bekerja sebagai Pengajar di sekolah keperawatan umum atau swasta. Selain bekerja di Indonesia, lulusan kami juga tersebar di beberapa negara seperti di Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Australia, dan Kerajaan Arab Saudi. Permintaan pekerjaan untuk lulusan keperawatan didikan Kami sangat tinggi dan diproyeksikan akan semakin meningkat dalam 10 tahun kedepan.