Latar Belakang

Kebutuhan tenaga keperawatan terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia kesehatan saat ini, tuntutan kemampuan perawat secara professional bukan menjadi penyataan semata tetapi dituntut dalam pelaksanaan baik di Rumah Sakit maupun di Institusi pendidikan sehingga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan professional melalui pendidikan formal.

Aspek pengembangan dari pendidikan menjadi salah satu tuntutan yang direspon berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tentang Guru dan Dosen tahun 2012, bahwa untuk institusi pendidikan yang menyelenggarakan program Diploma dan Sarjana harus memiliki kualifikasi Dosen Magister, sehingga pembukaan Program Magister Ilmu Keperawatan (PSMIK) menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kualifikasi dosen.

Program Studi Magister Ilmu Keperawatan dibuka sejak tahun 2010 berdasarkan Surat Izin Operasional dari Mendiknas RI No.: 212/D/2010. Proses perkuliahan dilaksanakan selama 4 (empat) semester dengan jumlah total SKS yang harus diselesaikan sebanyak 42 SKS dengan gelar akademik Magister Keperawatan (M.Kep).

Visi

“MENJADI PROGRAM STUDI MAGISTER KEPERAWATAN YANG UNGGUL SECARA GLOBAL, BERORIENTASI MASYARAKAT DAN BERJIWA MARITIM DI TAHUN 2025”

Misi

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran Magister Ilmu Keperawatan melalui pendekatan student-centered learning yang berbasis riset.
  2. Mengembangkan ilmu keperawatan melalui kegiatan riset berbasis evidence based.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis pengelolaan manajemen institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan baik secara nasional dan internasional.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis teknologi

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Keperawatan yang unggul dalam bidang keperawatan.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang ilmu keperawatan dan penelitian kesehatan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan serta pembangunan kesehatan nasional dan berkualitas internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan baik secara nasional dan internasional.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis teknologi

Kurikulum

Silahkan mengklik link dibawah berikut:

Curriculum

Link Survey Alumni

https://forms.gle/G7ogtioVQbjS5kDz9

Download

Trifold Master of Nursing Universitas Hasanuddin