DEKRIPSI | LULUSAN | KURIKULUM

Program Sarjana Fisioterapi (S.Ft) diselesaikan dalam 8 (delapan) semester selama 4 (empat) tahun yang terdiri dari 45 mata kuliah dengan jumlah 147 SKS. Setelah melewati tahap akademik  Sarjana Fisioterapi (S.Ft) , mahasiswa harus melanjutkan ke tahap profesi Fisioterapi untuk menjadi seorang Physio (Ftr) sebagai syarat utama melakukan praktek fisioterapi secara mandiri dan profesional.

Pada fase pertama terdiri atas dua semester, yaitu Semester I dan II. Pada fase ini diberikan dasar-dasar humaniora serta pengembangan bakat olahraga dan seni sebagai dasar pemahaman fungsi gerak, keterampilan belajar sebagai konsep belajar seumur hidup, kemasyarakatan dan kesehatan masyarakat, teknologi informatika serta dasar-dasar struktur dan fungsi biologis yang normal.

Pada fase kedua terdiri atas dua semester, yaitu semester III dan IV. Pada fase ini, diawali dengan dasar-dasar pemeriksaan, proses dan pengukuran FT, pemahaman terhadap berbagai modalitas fisioterapi, gerak tubuh, elektrofisika dan sumber fisis, serta metodologi penelitian dan statistika yang dikaitkan dengan konsep sehat dan sakit pada struktur dan fungsi biologis yang berhubungan dengan masalah gerak dan fungsi gerak individu maupun masyarakat yang aplikasinya menggunakan konsep  seperti komunikasi terapeutik, humaniora, interpreneurship, dan farmakologi fisioterapi yang disajikan secara terintegrasi. Pada semester 4 juga telah diberikan manajemen proses fisioterapi pada konsep sehat dan sakit (patologis) pada neurologi dan muskuloskeletal.

Pada fase ketiga disajikan dalam tiga semester, yakni semester V, VI, dan VII. Pada fase ini, diberikan manajemen proses fisioterapi pada konsep sehat dan terutama konsep  sakit (patologis) yang berkaitan dengan struktur dan fungsi gerak tubuh individu dan masyarakat serta tumbuh kembang (pediatri), geriatri, kardiovaskulopulmonal, kesehatan wanita dan integumen, fisioterapi olahraga,   terapi fungsional, serta keterampilan klinik. Sementara itu, etika dan hukum-hukum kesehatan, manajemen pelayanan, epidemiologi, ergonomi dan hiperkes serta psikologi kesehatan diberikan secara terintegrasi. Selanjutnya, program akademik dilanjutkan dengan berbagai aktivitas yang berbasis kemasyarakatan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada fase keempat yakni semester VIII dipusatkan pada penyusunan karya tulis ilmiah (skripsi), seminar skripsi yang merupakan akhir dari fase akademik serta pematangan teknologi berupa mata kuliah yang berorientasi pada preklinik yang tujuannya menjembatani antara kemampuan klinik dan kemampuan profesi. Setelah menyelesaikan fase-fase tersebut, lulus memperoleh gelar sarjana fisioterapi (S.Ft.).

Setelah memperoleh gelar sarjana Fisioterapi, mereka akan mempersiapkan diri melanjutkan ke Prodi Pendidikan Profesi Fisioterapi sebagai syarat utama melakukan praktek fisioterapi secara mandiri dan profesional.

Visi Program Studi S1 Fisioterapi

Menghasilkan lulusan fisioterapi profesional yang berdaya saing global dan unggul pada terapi latihan inovatif berbasis benua maritim Indonesia tahun 2026”

Misi Program Studi S1 Fisioterapi

  1. Menyelenggarakan tata kelola program studi Fisioterapi yang akuntabel dan responsif.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian Fisioterapi berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan riset berstandar nasional dan internasional khususnya pada terapi latihan inovatif berbasis benua maritim.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis bukti penelitian demi terwujudnya masyarakat sehat khususnya pada terapi latihan inovatif berbasis benua maritim.
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi negeri maupun swasta, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional.
Nama Program Sarjana Fisioterapi (S.Ft)
Intitusi Universitas Hasanuddin
Alamat Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Indonesia 90245
Email dan Website prodifisioterapiunhas@gmail.com

unhas.ac.id/keperawatan >> Program Studi >> Fisioterapi

Detail akreditasi oleh badan profesional atau hukum Peringkat akreditasi = ‘B’ oleh LAM- PTKES pada tahun 2018 denganSurat Keputusan LAM-PTKes No.0133 / LAM-PTKES / Akr / Sar / II / 2018 untuk Program Studi S1 Fisioterapi
Nama Gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft)
Tujuan, Capaian Pembelajaran & Sasaran Strategis Tujuan Program Studi Sarjana Fisioterapi

  1. Menghasilkan lulusan fisioterapi yang berkualitas dan beretika.
  2. Mengembangkan ilmu fisioterapi melalui penelitian bereputasi nasional dan internasional, khususnya pada bidang terapi latihan.
  3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi Fisioterapi pada pengabdian masyarakat berbasis bukti penelitian khususnya pada bidang terapi latihan.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan instansi negeri maupun swasta, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional
  5. Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif dan efisien

Hasil Pembelajaran Program Lulusan akan mampu:

  1. Mampu memberikan pelayanan fisioterapi secara mandiri dan profesional dengan melakukan assesmen, penegakan diagnosis fisioterapi, dan intervensi fisioterapi kepada pasien/klien/masyarakat luas
  2. Mampu mentransformasikan pengetahuan tentang konsep dasar, prinsip, dan teori yang berkaitan dengan bidang ilmu Fisioterapi dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
  3. Mampu melakukan riset dan memanfaatkannya dalam mengembangkan bidang ilmu Fisioterapi.
  4. Mampu memimpin, mengelola, membuat keputusan, dan menyelesaikan masalah dalam sebuah instansi/organisasi/ komunitas yang terkait bidang  Kesehatan

Capaian pembelajaran lulusan terdiri dari:
A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam aktivitas akademik (CP1)
  2. Bersikap empati dan kooperatif serta menjaga kerahasiaan klien/pasien terkait dengan layanan Fisioterapi. (CP2)

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran ilmiah(logis, kritis, sistematik, dan inovatif), secara mandiri atau kolektif dalam mengembangkan IPTEK FT dengan memperhatikan nilai-nilai humaniora. (CP3)
  2. Mampu mengkaji dan mengembangkan konsep interprofessional education dalam IPTEK FT. (CP4)

C. Penguasaan Ilmu Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teori ilmiah dasar umum terkait FT (Biologic basic Science, Psychologic Science, Movement Science, Profesionalism and Ethics, Care of Practice of PT and Humaniora) (CP5)
  2. Menguasai konsep teori ilmiah dasar keahlian FT (Biomekanik-Ergonomi, Biomedik, Biofisika, Patologi Terapan dan Metodologi Penelitian) (CP6)
  3. Menguasai konsep teori IPTEK keahlian FT (CP7)

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengimplementasikan modalitas fisioterapi dengan memanfaatkan hasil Laboratorium-Radiologi, patologi terapan & wellness, terkait dengan movement & function dalam FT (CP8)
  2. Mampu melakukan proses FT secara sistematis dan adequat, berdasarkan konsep teori ilmu dasar umum, ilmu dasar keahlian, dan ilmu keahlian secara mandiri. (CP9)
  3. Mampu menyusun dan mengembangkan konsep modifikasi metode teknik FT berdasarkan hasil evaluasi FT (CP10)

Sasaran Strategis Program Studi Sarjana Fisioterapi :

  1. Meningkatnya kualitas lulusan fisioterapi
  2. Meningkatnya kualitas dosen fisioterapi
  3. Meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran
  4. Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana prodi fisioterapi.
  5. Menguatnya kapasitas inovasi, relevansi serta produktivitas riset, dan menguatnya kapasitas dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang terapi latihan
  6. Meningkatnya akreditasi program studi standar nasional dan terlaksananya akreditasi standar internasional
  7. Terwujudnya tata kelola yang responsif dan akuntabel
  8. Terwujudnya kerjasama dengan instansi negeri maupun swasta, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional.
Persyaratan Pendaftaran Ada tiga opsi untuk masuk ke program ini: Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Universitas Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Lokal (JNS)Persyaratan masuk umum untuk ketiga jenis penerimaan ini adalah pelamar telah berhasil menyelesaikan pendidikan menengah mereka (Sekolah Menengah Atas) yang ditunjukkan dengan ijazah kelulusan dari Sekolah Menengah Atas.Persyaratan masuk khusus untuk setiap opsi pendaftaran:

1. Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN)

  • SNMPTN dilakukan berdasarkan penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan laporan dari semester pertama hingga kelima selama 3 tahun SMA dan portofolio akademik.
  • Sekolah yang siswanya melamar SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan prestasi akademik siswa terdaftar Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) / Database Sekolah dan Siswa.
  • Pelamar memiliki Nomor Identitas Mahasiswa Nasional, memiliki kinerja akademik yang unggul, dan didokumentasikan dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) / Database Sekolah dan Siswa.

2. Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

  • Siswa lulusan dari Sekolah Menengah Atas yang telah lulus maksimal tiga tahun terakhir dan telah memiliki ijazah kelulusan.
  • Siswa SMA yang baru saja dinyatakan lulus dan belum memperoleh ijazah, diperkenankan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang berisi identitas mahasiswa, foto terbaru lulusan, and stempel asli sekolah asal.

3. Jalur Masuk Tingkat Universitas (tiga jenis)

a. Jalur Non-Subsidi

  • Terdaftar sebagai peserta SBMPTN di tahun berjalan.
  • Mereka yang telah lulus SBMPTN pada tahun tersebut tidak diizinkan mendaftar.
  • Harus terdaftar di salah satu program studi Universitas Hasanuddin melalui SBMPTN pada tahun tersebut.

b. Jalur Prestasi Olahraga, Seni dan Sains

  • Wajib memiliki prestasi di turnamen / level nasional dalam olahraga, seni, dan / atau sains.

c. Jalur kerjasama untuk transfer kurikulum

  • Telah menyelesaikan program Dploma 3 tahun dalam bidang fisioterapi
  • Bekerja sebagai fisioterapi
  • Mendapatkan beasiswa  dari pemerintah atau lembaga tempat kerja mereka yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Universitas Hasanuddin.
Penerimaan Siswa Tahunan  60  mahasiswa per tahun
Struktur dan Konten Program Program Sarjana Fisioterapi (S.Ft) diselesaikan dalam 8 (delapan) semester selama 4 (empat) tahun yang terdiri dari 45 mata kuliah dengan jumlah 147 SKS. Setelah melewati tahap akademik  Sarjana Fisioterapi (S.Ft) , mahasiswa harus melanjutkan ke tahap profesi Fisioterapi (3 semester) untuk menjadi seorang Physio (Ftr) sebagai syarat utama melakukan praktek fisioterapi secara mandiri dan profesional.
Periode studi standar 8 Semester untuk Sarjana Fisioterapi
Tipe Model Penuh (Full time)
Tanggal mulai program dalam tahun akademik dan pertama kali program ditawarkan Tanggal mulai dalam tahun akademik: Agustus Minggu Ketiga setiap tahun.Program ini dibuka sejak tahun 2008
Aturan Drop-Out Aturan drop-out didasarkan pada Surat Keputusan oleh Rektor Universitas Hasanuddin (nomor 1870 / H04 / 2009).Siswa dinyatakan drop-out apabila:

  • Mengundurkan diri sendiri.
  • Alasan akademis: Mahasiswa yang pada akhir semester keempat tidak mencapai IPK = 2.00 dihitung dari setidaknya 48 kredit yang telah dicapai.
  • Belum menyelesaikan studi pada akhir semester ke-14.
  • Pelanggaran etika dan aturan hukum berdasarkan Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin (Nomor 46919 / UN.2 / IT.03 / 2016) tentang Pelanggaran Etis Mahasiswa.
Persyaratan Khusus Siswa tidak menderita buta warna dan / atau cacat yang diidentifikasi selama pemeriksaan medis pada tahap registrasi ulang.
Profil Lulusan
  • Klinisi
  • Health Educator
  • Peneliti
  • Manajer
Kesempatan kerja 95.7% alumni bekerja dengan keahlian mereka dengan masa tunggu kerja rata-rata 3 bulan.
Fasilitas Belajar Mengajar
  1. Fasilitas ruang kelas
  2. Fasilitas Laboratorium Skill Fisioterapi
  3. Penyediaan TI / akses internet gratis dan fasilitas komputer
  4. Perpustakaan, perpustakaan elektronik (http://digilib.unhas.ac.id.), Dan jurnal elektronik (http://journal.unhas.ac.id) dan Ruang Baca
  5. Fasilitas e-learning (Learning Management System)
  6. Pusat olahraga universitas (GOR Unhas)
  7. Unit Kegiatan Mahasiswa
  8. Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin & Rumah sakit Mitra
  9. Puskesmas Mitra
  10. Klinik Mitra
Staf Akademik (Anggota Fakultas) Secara total, ada 21 staf akademik yang merupakan alumni perguruan tinggi luar negeri dan lulusan PTN top dalam negeri
Tanggal di mana spesifikasi program direvisi April 2021