Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDIT Ar-Rahmah Kompleks Perumahan Dosen Unhas pada Kamis, 16 Juni 2022 dengan tema “Menggapai Kesehatan Jantung-Paru pada Anak Melalui Deteksi dan Edukasi”. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Fisioterapi S1 yaitu Irianto, S.Ft., Physio. M.Kes yang disambut hangat oleh kepala sekolah, para guru, dan 80 orang siswa-siswi SDIT Ar-Rahmah yang masing-masing terdiri dari siswa-siswi kelas 4 dan 5 (berumur 10-11 tahun).

Rangkaian acara ini terdiri dari:

  • Penyuluhan, bertujuan untuk mengedukasi anak-anakterkait pentingnya mendeteksi kebugaran jantung paru sejak dini yang dibawakan oleh Dr. Djohan Aras, S.Ft., Physio, M.Kes. Dimana, dalam materi tersebut dinyatakan bahwa sulit tidur, terasa letih-lesu-lemas-kurang gerak, mudah sesak nafas, mudah batuk serta demam, memiliki denyut nadi yang tidak teratur, sering tampak pucat, sering mengalami nyeri dada, tungkai/wajah kadang membengkak, dan ujung jemari tangan/ kaki tampak membesar dan terasa dingin adalah tanda-tanda dari penyakit jantung-paru pada anak.
  • Pengukuran kebugaran jantung paru pada anak, menggunakan alat ukur six minutes walking test. Yakni, setiap siswa diminta untuk melakukan jalan cepat selama 6 menit dan dihitung seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh anak dalam waktu tersebut.

Adapun, panitia yang bergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari dosen Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Keperawatan UNHAS, yang diketuai oleh Hamisah S.Ft., Physio. M.Biomed dan beranggotakan Salki Sadmita, S.Ft., Physio, M.Kes; Dr. Meutiah Abdullah, S.Ft., Physio, M.Kes; Adi Ahmad Gondo, S.Ft.,Physio, M.Kes; Irianto Kadir, S.Ft., Physio, M.Kes; Melda Putri, S.Ft., Physio, M.Kes; Yeri Mustari, S.Ft., Physio, M.Clin.Rehab; Riskah Nur ‘amalia, S.Ft., Physio, M.Biomed; Dr. Andi Rizky Arbaim Hasyar,S.Ft., Physio, serta tenaga kependidikan yaitu Ahmad Fatilah, S.Sos.