Wisuda Program Sarjana Unhas Periode III Tahun Ajaran 2017/2018

20 Mar 2018 , admin00 Akademik

Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas dari rumpun Fakultas Non Eksakta, Zaitun Hamid Al Hamid.

Universitas Hasanuddin kembali mewisidu mahasiswa Strata Satu (S1) sebanyak 1.140 orang dari 15 fakultas yang di lingkungan universitas, Selasa, (20/3/2018), di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani Unhas. Prosesi wisuda tersebut berlangsung dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana Periode Ketiga Tahun 2017/2018 pada pukul  08.00- 12.00 WITA.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. , Ketua MWA, Prof. Dr. H. Basri Hasanuddin, MA., Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. H. Muhammad Tahir Kasnawi, SU., Ketua Dewan Profesor, Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH., MH., dan sejumlah anggota Senat dan Dewan Profesor, pimpinan fakultas dan lembaga yang ada di lingkungan Unhas.

Dalam pidatonya, Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, masa studi mahasiswa Unhas saat ini sangat baik. Sekitar 42.5 persen di antara para wisudawan memiliki masa studi kurang atau sama dengan 4 tahun, 39.6 persen memiliki masa studi antara 4 hingga 5 tahun, dan sekitar 17.9 persen di atas 5 tahun.

“IPK dan masa studi yang pendek ditambah prestasi ekstrakurikuler  yang baik pula merupakan perpaduan proses pembelajaran yang optimum untuk membangun kapasitas diri mahasiswa di perguruan tinggi. Jika kapasitas ini disertai dengan sikap yang menjunjung tinggi kejujuran, kerja keras, dan sopan santun, maka kepada alumni seperti inilah kita dapat berharap akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan bangsa,” ujar Profesor Dwia.

Rektor Unhas juga menyampaikan kabar gembira di hadapan ribuan wisudawan bahwa Unhas belum lama ini kembali meraih akreditasi A dari BAN PT dengan skor yang sangat membanggakan. Selain itu, pada bulan Februari lalu, Unhas juga telah mendapatkan kunjungan Assesor AUN QA dalam rangka evaluasi keterpenuhan kriteria akreditasi AUN QA pada prodi S1 Ilmu Hukum, Kimia, dan Ilmu Kehutanan. Pada November 2018 nanti, Assesor AUN QA akan kembali melakukan assesmen lapangan untuk prodi S1 Kedokteran Gigi, Arsitektur, Manajemen, dan Agribisnis.

“Seperti waktu-waktu sebelumnya, kita berharap hasil assesmen lapangan akan membuahkan hasil yang baik. Dengan demikian, jika semuanya berjalan lancar, Unhas akan memilki minimal 14 program studi yang mendapatkan sertifikat pengakuan internasional pada akhir 2018,” ungkap Prof Dwia.

Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas

Dalam acara wisuda kali ini, Unhas menetapkan 2 wisudawan terbaik, yaitu Zaitun Hamid Al Hamid dari rumpun fakultas Non Eksakta dengan nilai IPK 3.97, lama studi 3 tahun 3 bulan, predikat Cum Laude. Sementara wisudawan terbaik dari rumpun Eksakta Jeriko Gormantara dengan capaian  IPK 3.93, lama Studi 3 tahun dan 3 bulan, dan predikat Cum Laude.

Zaitun yang merupakan mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2014 itu mengatakan bahwa sejak mulai kuliah di Unhas pihaknya telah merencanakan untuk meraih predikat wisudawan terbaik. “Dari awal saya sudah catat dalam note planning hidup saya, jadi wisudawan terbaik. Dengan rencana itu, banyak hal yang harus saya lakukan, saya belajar dengan sungguh-sungguh, aktif di kelas, dan tentunya meminta doa dari orang tua. Dan, saya rasa doa orang tua yang menyebabkan semua ini terwujud,” katanya. 

Selain terpilih menjadi wisudawan terbaik di tingkat universitas, Zaitun pernah terpilih menjadi Top 5 dalam ajang Putri Muslimah Indonesia 2016 yang diselenggarakan secara live oleh stasiun TV Indosiar. Dia juga selalu diundang menjadi Master of Ceremony (MC) di berbagai kegiatan dalam dan luar kampus. Selepas kuliah, Zaitun bercita-cita melanjutkan kuliah S2 ke Universitas Leiden, Belanda. Ia berpesan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan untuk tidak takut salah  dalam mengeluarkan pendapat, fokus, dan konsisten dengan waktu.

Sementara itu, menurut Jeriko Gormantara, dirinya tidak menyangka dapat memperoleh predikat wisudawan terbaik tingkat universitas, sebab ada ribuan mahasiswa Unhas yang diwisuda.  “Saat kuliah di semester awal, saya tidak terlalu serius belajar. Tapi saat pertama kali melihat acara wisuda di baruga, saya mulai serius dalam belajar untuk mencapai predikat wisudawan terbaik.Walaupun hanya sebuah impianwaktu itu, tetapi hari ini impian tersebut menjadi kenyataan,” kata Jeriko, alumnus jurusan Matematika tersebut Wisudawan yang bercita-cita menjadi dosen ini juga memberi wejangan kepada mahasiswa yang tengah kuliah untuk selalu berusaha dan fokus dengan dengan sebuah impian.

Dari 1.140 yang diwisuda pada periode ini, jumlah lulusan terbanyak berasal dari Fakultas Kedokteran, yaitu sebanyak 256 wisudawan yang terdiri dari 224 jurusan Ilmu Kedokteran,  1 jurusan Fisioterapi, 9 Kedokteran Hewan, dan 22  bidang Psikologi.

Wisudawan terbaik setiap fakultas

Fakultas Ekonomi dan Bisnis:

Hardinasta Perdana Prodi Manajemen, IPK 3.98, masa studi 3 tahun 5 bulan)

Fakultas Kedokteran:

Devina Juanita Prodi Pendidikan Kedokteran, IPK 3.87, lama studi 3 Tahun 3 Bulan)

Fakultas Teknik:

Egif Pindan Angga Mairi (Prodi Teknik Mesin, IPK 3.86, masa studi 3 Tahun, 4 Bulan)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik:

Andi Tenri Citra Haris (Prodi Sosiologi, IPK 3.94, masa studi 3 Tahun, 4 Bulan)

Fakultas Ilmu Budaya:

Sukma Mahardhiny (Prodi Sastra Inggris, IPK 3.69, lama studi 3 Tahun, 5 Bulan)

Fakultas Pertanian:

Reni S. (Prodi Agroteknologi, IPK 3.83, masa studi 3 Tahun, 4 Bulan)

Fakultas Peternakan:

Erni Damayanti (Prodi Ilmu Peternakan, IPK 3.86, masa studi 3 Tahun, 5 Bulan)

Fakultas Kedokteran Gigi:

Steven Gunawan (Prodi Pendidikan Kedokteran Gigi, IPK 3.47, masa studi 3 Tahun, 3 Bulan)

Fakultas Kesehatan Masyarakat:

Magfirah Jidar (Prodi Kesehatan Masyarakat, IPK 3.94, masa studi 3 Tahun, 5 Bulan)

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan:

Aulia Magfhira Ichwan (Prodi Sosial Ekonomi Perikanan, IPK 3.94, masa studi 3 Tahun, 5 Bulan)

Fakultas Kehutanan:

Icuk Sugiarto Sesa Arung (Prodi Kehutanan, IPK 3.88, masa studi 3 Tahun, 4 Bulan)

Fakultas Farmasi:

Ahmad Muarif (Prodi Farmasi, IPK 3.12, masa studi 4 Tahun, 4 Bulan)

Fakultas Keperawatan:

Novita Nipa (Prodi Ilmu Keperawatan, IPK 3.73, masa studi 3 Tahun, 3 Bulan.(*)
 

Baca juga :