Wisuda Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi Periode III Tahun Akademik 2017/2018

21 Mar 2018 , admin00 Akademik

Rektor Unhas memberikan ucapan selamat kepada salah seorang wisudawan program magister, doktor, spesialis, dam profesi Universitas Hasanuddin.

Hari ini, Rabu, 21 Maret 2018, Universitas Hasanuddin kembali menggelar Wisuda Periode III Tahun Akademik 2017/2018 untuk Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi. Acara yang dimulai pukul 09.00 WITA ini berlangsung di Baruga A.P. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Sebagaimana wisuda sebelumnya, wisuda kali ini dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., beserta para wakil rektor.  Juga turut hadir Ketua MWA, Prof. Dr. H. Basri Hasanuddin, MA., Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. H. M. Tahir Kasnawi, SU., dan sejumlah anggota Senat dan Dewan Profesor, pimpinan fakultas dan lembaga yang ada di lingkungan Unhas.

Wisuda kali ini meluluskan sebanyak 709 wisudawan, terdiri dari: 

- Program Doktor: 49 wisudawan

- Program Magister: 276 wisudawan

- Program Pendidikan Dokter Spesialis: 58 wisudawan

- Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis: 4 wisudawan

- Program Profesi Dokter: 22 wisudawan

- Program Profesi Dokter Gigi: 82 wisudawan

- Program Profesi Dokter Hewan: 49 wisudawan

- Program Profesi Apoteker: 169 wisudawan

Dari seluruh 709 wisudawan tersebut, 252 orang (39%) diantaranya adalah laki-laki dan 430 orang (61%) adalah perempuan.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan bahwa indikator kelulusan program doktor, magister, spesialis, dan profesi Unhas semakin menunjukkan peningkatan.  “Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) untuk program doktor, magister, spesialis dan profesi adalah 3,64.  Sementara IPK tertinggi mencapai 3,94. Tentu saja ini merupakan prestasi yang membanggakan,” kata Prof. Dwia.

Rektor Unhas berharap para alumni program doktor, magister, spesialis dan profesi yang diwisuda pada hari ini dapat terus memberikan kontribusinya bagi bangsa dan negara, serta menjadi model karakter berintegritas di masyarakat. “Saya tidak ingin ada alumni Unhas yang masuk tivi memakai rompi oranye.  Untuk itu, harap jaga integritas di masyarakat,” pesan Prof. Dwia.

Tiga Dekan Segera Berganti

Pada kesempatan itu, Prof. Dwia juga menyampaikan bahwa wisuda kali ini merupakan wisuda terakhir bagi tiga orang Dekan di lingkungan Unhas, yaitu Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. Dr. Andi Asadul Islam), Dekan Fakultas Teknik (Dr.-Ing. Ir. Wahyu H. Piarah, M.S.M.E.), dan Dekan Fakultas Pertanian (Prof. Dr. Ir. Sumpangan Baja, M.Sc).  Ketiga dekan ini akan segera mengakhiri masa jabatannya dan berganti dengan pajabat baru dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusinya selama ini.  Jika para alumni lihat, ketiga dekan inilah yang menandatangani ijazah setiap wisuda.  Maka pada wisuda mendatang, ijazah alumni dari ketiga fakultas tersebut akan ditandatangani oleh Dekan baru.  Saya sendiri juga pada bulan April nanti akan mengakhiri masa jabatan, tetapi oleh MWA saya masih diberi amanah untuk melanjutkan ke periode kedua,” kata Prof. Dwia yang disambut tawa para hadirin.

Wisudawan Terbaik

Dalam wisuda program doktor, magister, spesialis, dan profesi kali ini terdapat 8 orang wisudawan berprestasi.  Salah satunya Saparuddin Latu. Wisudawan asal Papua ini adalah mahasiswa Program Doktor jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Saparuddin Latu meraih IPK 3, 94 dengan masa studi 2 tahun 3 bulan.

Saparuddin Latu mengatakan, kesuksesannya menjadi wisudawan terbaik dikarenakan beberapa hal.  Pertama menyiapkan lebih awal judul yang akan diteliti sedini mungkin, dipahami serta diteliti secepatnya.  Kedua banyak membaca, berdiskusi dan bertanya agar dapat menambah wawasan kita. Ketiga usahakan banyak mengikuti pertemuan ilmiah atau seminar-seminar terkait judul. Keempat, menyiapkan penelitian lebih awal untuk terbit pada jurnal yang terakreditasi atau jurnal international sebagai syarat ujian nanti.

"Tak kalah penting banyak komunikasi dengan promotor dan ko-promotor serta penguji untuk kesempurnaan penelitian disertasi kita,” kata apoteker PNS dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya tersebut.

Berikut nama-nama lulusan terbaik program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi Periode III Tahun Akademik 2017/2018

Program Doktor:

Saparuddin Latu, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, IPK 3.94, masa studi 2 Tahun, 3 Bulan 

Program Magister:

Nila Trisna Yulianti, Sekolah Pascasarjana, Program Studi Ilmu Kebidanan, IPK 3.92, masa studi 1 Tahun, 5 Bulan

Program Pendidikan Dokter Spesialis:

Stella Fitrianty Attu, Program Studi Spesialis Kesehatan THT, IPK 3.82, masa studi 4 Tahun, 0 Bulan 

Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis:

Eriana Sutono, Program Studi Spesialis Konservasi Gigi, IPK 3.86, masa studi 2 Tahun, 6 Bulan

Program Profesi Dokter

Ahmad Aulia Rizaly, IPK 3.86, masa studi 2 Tahun, 3 Bulan 

Program Profesi Dokter Gigi:

Lisa, IPK 3.83, masa studi 2 Tahun, 7 Bulan

Program Profesi Dokter Hewan:

Hasna Fauziah, IPK 3.93, masa studi 1 Tahun, 2 Bulan 

Program Profesi Apoteker:

Qonita Kurnia Anjani, IPK 3.92, masa studi 1 Tahun, 0 Bulan

(*)

 


Baca juga :