Wisuda Periode III 2018-2019, Unhas Luluskan 1.769 Alumni Baru

27 Mar 2019 , admin00 Akademik

Universitas Hasanuddin melaksanakan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2018 – 2019 untuk Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi.  Prosesi Wisuda berlangsung selama 2 hari, yaitu Selasa dan Rabu, tanggal 26 dan 27 Maret 2019.  Prosesi Wisuda berlangsung di Baruga A.P. Pettarani Unhas, dihadiri oleh Rektor Unhas dan jajaran Wakil Rektor, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, dan Dekan-dekan di lingkungan, para wisudawan dan orang tua wisudawan.
 
Pada pelaksanaan wisuda yang lalu, panitia memisahkan prosesi wisuda antara Program Sarjana (hari pertama) dan Program Magister, Doktor, Profesi, dan Spesialis (hari kedua).  Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa mulai wisuda Periode III ini, prosesinya dibagi berdasarkan rasio jumlah wisudawan pada setiap Fakultas.
 
“Dengan demikian, baik pada hari pertama maupun hari kedua, proses wisuda diikuti oleh wisudawan Program Sarjana, Magister, Doktor, Profesi, dan Spesialis sekaligus, sesuai fakultas masing-masing.  Hal ini dilakukan untuk pertimbangan efektivitas saja.  Kita bisa membagi jumlah wisudawan berimbang pada hari pertama dan kedua,” kata Suharman.
 
Wisuda hari pertama pada Selasa, 26 Maret 2019, diikuti oleh 918 wisudawan dari 5 fakultas, yaitu: (1) Sekolah Paskasarjana, (2) Fakultas Teknik, (3) Fakultas Kedokteran, (4) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan (5) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
 
Selanjutnya wisuda hari kedua, Rabu, 27 Maret 2019, diikuti oleh 851 wisudawan yang berasal dari 11 fakultas, yaitu: (1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (2) Fakultas Farmasi, (3) Fakultas Hukum, (4) Fakultas Peternakan, (5) Fakultas Keperawatan, (6) Fakultas Pertanian, (7) Fakultas Kesehatan Masyarakat, (8) Fakultas Kehutanan, (9) Fakultas Kedokteran Gigi, (10) Fakultas Ilmu Budaya, dan (11) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Data rata-rata IPK

Untuk Wisuda Periode III Tahun Akademik 2018/2019 atau Wisuda Periode Maret 2019 ini, rata-rata IPK Wisudawan adalah sebagai berikut:
  • Rata-rata IPK Wisudawan Program Sarjana adalah 3.39, dengan masa studi rata-rata 4 tahun dan 7 bulan.  IPK lulusan terbaik Program Sarjana adalah 3.97 dengan masa studi 3 tahun dan 4 bulan.
  • Rata-rata IPK Wisudawan Program Profesi adalah 3.59, dengan masa studi rata-rata 2 tahun dan 3 bulan.  IPK lulusan terbaik Program Profesi adalah 3.89 dengan masa studi 1 tahun dan 0 bulan.
  • Rata-rata IPK Wisudawan Program Spesialis adalah 3.77, dengan masa studi rata-rata 4 tahun dan 7 bulan.  IPK lulusan terbaik Program Spesialis adalah 3.94 dengan masa studi 3 tahun dan 11 bulan.
  • Rata-rata IPK Wisudawan Program Magister adalah 3.81, dengan masa studi rata-rata 2 tahun dan 6 bulan.  IPK lulusan terbaik Program Magister adalah 3.97 dengan masa studi 1 tahun dan 5 bulan.
  • Rata-rata IPK Wisudawan Program Doktor adalah 3.88, dengan masa studi rata-rata 4 tahun dan 5 bulan.  IPK lulusan terbaik Program Profesi adalah 4.00 dengan masa studi 2 tahun dan 5 bulan.

Data jumlah lulusan

  • Jumlah lulusan program Sarjana Unhas pada periode ketiga adalah sebanyak 1.029 orang.  Dengan demikian, total jumlah lulusan program sarjana Unhas telah mencapai 117.659 orang.
  • Jumlah lulusan program Profesi Unhas pada periode ketiga adalah sebanyak 240 orang.  Dengan demikian, total jumlah lulusan program profesi Unhas telah mencapai 16.510 orang.
  • Jumlah lulusan program Spesialis Unhas pada periode ketiga adalah sebanyak 57 orang.  Dengan demikian, total jumlah lulusan program spesialis Unhas telah mencapai 3.116 orang.
  • Jumlah lulusan program Magister Unhas pada periode ketiga adalah sebanyak 339 orang.  Dengan demikian, total jumlah lulusan program magister Unhas telah mencapai 24.005 orang.
  • Jumlah lulusan program Doktor Unhas pada periode ketiga adalah sebanyak 104 orang.  Dengan demikian, total jumlah lulusan program doktor Unhas telah mencapai 2.323 orang.

Capaian Unhas hingga Maret 2019

Sebagaimana lazimnya pada setiap prosesi wisuda, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA kembali menyampaikan laporan capaian kinerja Universitas Hasanuddin.  Dalam bidang kemahasiswaan, Unhas berhasil mencatatkan 8 prestasi tingkat nasional, antara lain Juara I Kompetisi Ide Bisnis FIF Group, Youth Innovation dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, serta Juara I Kejuaran Redfox Nasional dari UKM Softball.
 
“Kami melakukan penguatan peran alumni dalam pengembangan Unhas, sekaligus diseminasi capaian Unhas melalui program Menyapa Alumni.  Kegiatan ini telah dilakukan di Batam, Banjarmasin, dan juga di Ehime, Jepang.  Ini akan terus berlanjut ke beberapa daerah di Indonesia dan luar negeri,” papar Prof. Dwia. 
 
Hingga bulan Maret 2019 ini, Unhas kembali berhasil memperoleh pengakuan akreditasi internasional dari ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN – QA) batch 4 untuk 4 program studi baru, yaitu: Prodi Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Prodi Arsitektur (Fakultas Teknik), Prodi Agribisnis (Fakultas Pertanian), dan Prodi Pendidikan Dokter Gigi (Fakultas Kedokteran Gigi).  Selain itu, Prodi Ilmu Ekonomi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) juga memperoleh akreditasi ABEST21.
 
“Dengan demikian, saat ini telah ada 15 program studi di Unhas yang telah terakreditasi internasional.  Tetapi kita tidak berhenti sampai disitu.  Kita sementara menunggu hasil akreditasi ASIIN untuk 4 prodi, menunggu visitasi AUN-QA untuk 4 prodi lain pada bulan April nanti, dan akreditasi ABET untuk 2 prodi lagi pada bulan Oktober.  Sehingga, kita berharap hingga Desember 2019 nanti, akan ada 25 program studi di Unhas yang terakreditasi internasional,” kata Prof. Dwia.
 
Selain akreditasi program studi, penjaminan kualitas layanan Unhas secara konsisten diupayakan melalui akreditasi rumah sakit sebagai bagian dari penunjang akademik.  “Unhas baru saja menerima hasil akreditasi oleh Komite Akreditas Rumah Sakit, dimana Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas dinyatakan meraih Akreditasi Paripurna.  Ini hal yang sangat membanggakan, karena inilah pertama kalinya RSGM milik PTN di Indonesia yang memperoleh akreditasi paripurna versi terbaru,” kata Prof. Dwia yang disambut dengan aplaus meriah dari hadirin.
 
Pada tahun 2019 ini, Unhas akan menerima mahasiswa sebanyak 7.438 mahasiswa baru.  Hal yang baru dalam penerimaan mahasiswa tahun ini adalah Unhas membuka Penerimaan Jalur Ketua OSIS. “Ini merupakan upaya Unhas untuk memperoleh mahasiswa baru dengan potensi kepemimpinan yang unggul.  Para Ketua OSIS dari berbagai Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan diberi kesempatan untuk masuk Unhas melalui jalur ini, namun dengan tetap mempertimbangkan standar akademik yang telah ditetapkan,” papar Prof. Dwia.
 
Tahun ini juga, Unhas akan membuka kelas internasional pada 12 program studi di 8 fakultas, yaitu: Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Hubungan Internasional, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Teknik Sipil, Teknik Geologi, Arsitektur, Ilmu Kelautan, dan Ilmu Hukum.(*)
 
Editor: Ishaq Rahman

Baca juga :