Webometric Periode Januari 2020, Peringkat Unhas Naik ke 9 Nasional

2 Feb 2020 , admin-02 Akademik

Webometrics Ranking of World Universities atau yang biasa disebut Webometrics untuk periode Januari 2020 telah diumumkan.  Universitas Hasanuddin yang pada periode Juli 2019 berada pada posisi 11 nasional, berhasil mencatat kenaikan signifikan menjadi 9 nasional.
 
Instrumen yang dikembangkan oleh Cybermetric Labs yang berbasis di Spanyol ini setiap tahun melakukan pengukuran kinerja perguruan tinggi di seluruh dunia, dengan basis Open Acces Knowledge.  Dengan penggunakan website setiap universitas sebagai basis pengukuran, Cybermetric Lab yang dipimpin oleh Isidro F. Aguillo, Ph.D ini melihat kinerja perguruan tinggi dengan semanta open access yang disediakan melalui website.
 
Setiap tahun, metodologi yang dikembangkan Cybermetrics terus mengalami penyempurnaan.  Dalam mengukur kinerja website, Webometrics mengadopsi empat indikator, yaitu:
 
- Presence, yang diterjemahkan sebagai “public knowledge shared”. Bobot untuk indikator ini adalah 5%, dimana metode pengukurannya dilihat dari jumlah halaman yang terdapat pada setiap website perguruan tinggi. Cybermetrics Lab mengambil data ini dari pengindeksan Google.
 
- Visibility, yang dimaknai sebagai “web contents impact”. Bobot indikator ini adalah 50%, yang diukur dari jumlah external network yang terhubung dengan website perguruan tinggi.  Dalam operasionalnya, indikator ini diukur dengan seberapa banyak alamat website universitas disebarkan atau dikutip oleh website-website lain. Sumber data ini adalah Ahrefs dan Majestic.
 
- Transparency (atau Openness), yang dimaknai sebagai “Top cited researchers”.  Bobot indikator ini adalah 10%, dimana indikator ini diukur dari jumlah sitasi dari karya akademik dosen dan peneliti dari suatu perguruan tinggi.  Cybermetrics Labs mengambil data untuk indikator ini dari profile Google Scholar para dosen.
 
- Excellence (atau Scholar), yang dimaknai sebagai “Top cited papers”. Bobot indikator ini adalah 35%, yang diukur dari jumlah kutipan/sitasi papers terbaik dari 26 bidang ilmu terindeks Scimago yang dihasilkan oleh dosen-dosen perguruan tinggi.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kenaikan peringkat Webometrics periode ini adalah updating website Unhas.
 
“Kami menetapkan standar dan prosedur update website setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Kita memanfaatkan website untuk menyampaikan informasi kegiatan Unhas, juga menyampaikan gagasan dan pemikiran sivitas akademik Unhas terkait isu-isu publik. Ini bisa dikutip oleh website lain, sehingga memberi kontribusi pada indikator presence dan impact,” kata Suharman.
 
Meskipun demikian, posisi Unhas masih terbuka untuk meningkat pada masa mendatang.  Jika dilihat dari skor Unhas pada setiap indikator, posisi Unhas masih memungkinkan untuk terus membaik.
 
“Jadi kita perlu memaksimalkan indikator-indikator yang mempunyai bobot besar.  Untuk itu, seluruh sivitas akademik harus berkontribusi.  Misalnya, untuk indikator visibility yang bobotnya sampai 50%, ini perlu didorong dengan meminta agar mitra-mitra Unhas mencantumkan alamat website Unhas atau website fakultas di website mitra,” kata Suharman.
 
Cybermetric Labs mengumumkan peringkat Webometrics dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli.  Pada tahun 2016, posisi Unhas masih berada di peringkat 17 nasional.  Posisi ini terus membaik dari waktu ke waktu. Pada Juli 2017, posisi Unhas di peringkat 14, kemudian pada Juli 2018 di peringkat 13, dan Juli 2019 di peringkat 11 nasional.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :