Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Pimpin Rakor POMNAS XV

2 Oct 2017 , admin00 Seremonial

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang juga Ketua BAPOMI Sulsel, Dr. Ir. Abdul Rasyid Jalil, MP, memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan POMNAS XV Tahun 2017 Sulawesi Selatan.

Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XV tahun 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 – 21 Oktober 2017 di Sulawesi Selatan memasuki masa-masa akhir persiapan.  Untuk mengevaluasi kesiapan panitia pelaksana, sekaligus membahas hal-hal teknis yang berkaitan dengan kesuksesan kegiatan nasional ini, dilangsungkan Rapat Koordinasi Pelaksanaan POMNAS XV di Hotel Four Points, tanggal 2 – 3 Oktober 2017.
 
Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Badan Pembina Olah Raga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sulawesi Selatan, Dr. Ir. Abdul Rasyid Djalil, MP, dihadiri oleh masing-masing delegasi teknik (technical delegate) dari cabang olah raga yang akan dipertandingkan dan panitia pelaksana pada setiap cabang olah raga.  Rapat yang dipandu oleh Staf Khusus Pengurus Pusat BAPOMI, Prof. Mulyana dari Universitas Negeri Jakarta ini membahas kesiapan masing-masing cabang olah raga, serta koordinasi dan sinkronisasi jadwal kegiatan.  
 
Event POMNAS ini akan dihadiri oleh sekitar dua ribu atlet dan ofisial yang tersebar pada 14 cabang olah raga, serta ditambah dengan 2 cabang eksibisi.  Setiap cabang olah raga akan dipertandingkan pada berbagai venue yang tersebar di Kota Makassar, dimana hal ini merupakan tantangan tersendiri yang dihadapi oleh Panitia Pelaksana.
 
Ketua BAPOMI Sulsel, yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin, Dr. Ir. Abdul Rasyid Djalil, MP, optimis dengan kesiapan panitia pelaksana.  “Memang kita akui masih ada beberapa hal yang perlu dikoordinasikan pada setiap cabang olah raga, misalnya yang berkaitan dengan mekanisme peserta, pembagian kategori pada setiap cabang, jumlah peserta pada setiap kategori lomba, sampai kepada persoalan yang berkaitan dengan wasit dan juri.  Tetapi kita optimis, masalah-masalah tersebut dapat diatasi melalui pertemuan ini,” kata Abdul Rasyid.
 
Cabang-cabang olah raga yang akan dilombakan dan lokasi pelaksanaan lomba selama ajang POMNAS XV 2017 di Sulawesi Selatan adalah:
 
1. Atletik, Stadion Madya Sudiang
2. Bola Basket, GOR Tunas Bangsa dan Flying Wheel 
3. Bola Voli Indoor, GOR Sudiang 
4. Bulutangkis, GOR Dafest Daya
5. Catur, Balai Sidang UNIBOS
6. Futsal, GOR Sudiang
7. Karate, GOR Mattoanging
8. Kempo, GOR Unhas
9. Pencak Silat, Balai Sidang Muktamar UNISMUH
10. Petanque, Lapangan STKIP Mega Rezky 
11. Renang, Kolam Renang Unhas 
12. Sepak Takraw, GOR FIK UNM 
13. Tarung Derajat, GOR Unhas 
14. Tenis Lapangan, Lapangan Tenis Karebosi
 
Sementara untuk cabang olah raga eksibishi adalah:
 
1. Gateball, Lapangan Gateball Unhas
2. Selam, Pantai Akkarena GMTDC 
 
Sementara itu, Prof. Mulyana yang mewakili Pengurus Pusat BAPOMI dengan antusias memandu jalannya pertemuan dan diskusi pada setiap cabang olah raga.  “Semua technical delegate dari setiap cabang olah raga hadir saat ini.  Masing-masing panitia pelaksana juga ikut pada pertemuan.  Jadi, sekarang adalah waktunya kita menyelesaikan hal-hal yang diperkirakan akan menjadi isu pada pelaksanaan nanti,” papar Prof. Mulyana.
 
Pertemuan yang berlangsung hingga pukul 21.30 WITA ini diakhir dengan beberapa kesepakatan, baik yang bersifat strategis maupun teknis.  Secara garis besar, Rapat Koordinasi Pelaksanaan POMNAS XV Tahun 2017 ini memperlihatkan kesiapan pihak BAPOMI Sulawesi Selatan untuk menggelar hajatan yang rutin digelar setiap 2 tahun ini.
 
 
Hari ini, Selasa, 3 Oktober 2017 masing-masing technical delegate setiap cabang olah raga, bersama dengan panitia pelaksana setiap cabang olah raga yang dilombakan melakukan kunjungan ke venue pertandingan.  Dengan kunjungan ini, diharapkan akan diperoleh gambaran hal-hal yang perlu dibenahi untuk kesuksesan pelaksanaan POMNAS XV.(*)
 

Baca juga :