Universitas Harus Berorientasi Masa Depan

12 Sep 2016 , humas01 Press Release

Suasana perayaan Dies Natalis ke-60 Unhas di Baruga Andi Pangerang Petta Rani Kampus Tamalanrea. (Foto:mda).

Wakil Presiden M. Jusuf Kalla, hadir dalam perayaan Dies Natalis ke-60 Universitas Hasanuddin 10 September 2016. Sebelum Wapres yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumbi (IKA) Unhas tersebut hadir, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution membawakan orasi ilmiah di lokasi acara,. Baruga Andi Pangerang Petta Rani Kampus Tamalanrea.

M.Jusuf Kalla yang akrab disapa JK, tiba di Baruga dengan kapasitas 5.000 orang itu tepat sesuai jadwal, pukul 10.15 Wita. Acara Wapres hari itu terbilang padat. Menumpang psawat Boeing 737-400 TNI AU, rombongan JK yang disertai Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya, setelah mengunjungi Jawa Timur,  pada pukuk 20.30. Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Ibu Hj Nina Kirana Soekarwo dan anggota Forum Koordinasi Daerah Provinsi Jawa Timur melepas keberangkatan Wapres bersama rombongan.

Tiba di Pangkalan Udara TNI AU pukul 22.40 Wita,  Wapres dan rombongan disambut Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Ibu Ayunsri Syahrul beserta anggota Forum Komunikasi Provinsi Sulsel dan beristirahat sejenak di ruang tunggu utama. Sepuluh menit kemudian menggunakan kendaraan darat, Wapres dan rombongan menuju kediaman pribadinya di Jl. Haji Bau Nomor 16 Makassar dan tiba pukul 23.20 untuk beristirahat.

Pada pagi hari, 10 September 2016, pada pukul 07.00 Wapres beserta Ibu Mufida Jusuf Kalla  didampingi Gubernur Sulsel dan rombongan menuju PT INHUTANI 1 Sulawesi Desa Lanna  Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Di tempat ini didampingi Menteri Lingkungan Hidup Situ Nurbaya beserta Ibu Priska Paramita, Wapres mencanangkan penanaman bamboo nasional dilanjutkan dengan penanaman bibit bamboo.

Pukul 09.15 rombongan menuju Kampus Unhas Tamalanrea dan tiba satu jam kemudian. JK dan rombongan disambut hangat ketika memasuki Baruga untuk menyampaikan harapan-harapannya. Usai memberikan sambutan, JK secara simbolis meluncurkan buku 60 Tahun Unhas, meresmikan Institute Microfinance kerja sama Unhas-Bank BRI, peluncuran prangko 60 tahun Unhas, dan peresmian pembangunan rumah dosen Unhas. Di Baruga saat itu, juga hadir Menko Ekonomi Darmin Nasution, Menteri Kominfo Rudiantara, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII Agus Surya Bakti, dan sejumlah pejabat sipil dan TNI. Dari kalangan Unhas sendiri hadir Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) Prof.Dr. Basri Hasanuddin, M.A. dan anggota-anggotanya, Ketua Senat Akademik Prof.Dr.M.Tahir Kasnawi, S.U. dan para anggotanya serta sejumlah Rektor PTN dan swasta di Makassar.

Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. melaporkan, peringatan dies natalis kali mengangkat tema ‘’Penguatan ekonomi kerakyatan menuju kemandirian ekonomi’’. Berkaitan dengan pelaksanaan dies natalis ini, Unhas melaksanakan seminar, bakti sosial di Kabupaten Sidrap, ekspo yang melibatkan segenap sivitas akademika. Yang paling membahagiakan adalah Temu ,Alumni Nasional (TAN) yang diperkirakan dihadiri 6.000 alumni Unhas.

Berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, kata Dwia, Unhas bekerja sama dengan Bank BRI mencanangkan pendirian Institute Microfinance Universitas Hasanuddin dan bekerja sama dengan Bank BRI. Dwia juga memohon kesediaan Wapres mencanangkan pembangunan rumah dosen Unhas.

JK dalam sambutannya menegaskan, sudah 60 tahun Unhas mengabdikan diri untuk masyarakat. Suatu perayaan ulang tahun selalu punya arti evaluasi dan mencari masukan. Evaluasi apa yang telah dicapai.  Perguruan tinggi harus memiliki visi dan pandangan ke depan. Jika ada orang yang berpandangan mundur ke belakang, ke masa lalu, sama dengan menjadi museum. Tetapi kita boleh mengenang masa lalu untuk kemajuan dan perkembangan di masa depan.

‘’Oleh sebab itu, sumber daya manusia yang dihasilkan Unhas harus berorientasi ke masa depan, jangan ke masa lalu,’’.

Usai hadir di peringatan dies natalis, Wapres kemudian bergerak ke Gedung Olahraga Unhas guna menghadiri pertemuan nasional Alumni Unhas dan memberikan sambutan pada acara tersebut. Dari GOR Unhas Wapres dan rombongan langsung ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk selanjutnya kembali ke Jakarta. (*).

 

Baca juga :