Unhas Tuan Rumah Penyelenggaraan Harmoni Indonesia 2018

5 Aug 2018 , admin00 Akademik

Harmoni Indonesia pada Minggu, 5 Agustus 2018 secara serentak di 34 kampus dan kota seluruh Indonesia berlangsung meriah.

Harmoni Indonesia pada Minggu, 5 Agustus 2018 secara serentak di 34 kampus dan kota seluruh Indonesia berlangsung meriah.  Di Makassar, acara yang dipusatkan di Baruga A.P. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea dihadiri lebih 5.000 peserta.  Mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-Makassar ini berlangsung semarak.
 
Harmoni Indonesia merupakan acara yang digagas oleh Presiden Joko Widodo untuk menyambut dan memeriahkan pelaksaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.  Presiden Joko Widodo sendiri hadir di pusat pelaksanaan kegiatan, yaitu di Koridor Timur Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.  Secara simultan, ke-34 kota terhubung dengan Gelora Bung Karno melalui fasilitas video-conference.
 
Acara diawali dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan secara serentak pada waktu bersamaan oleh paduan suara mahasiswa serta mahasiswa-mahasiswa yang hadir pada 34 kota dan kampus di Indonesia.  Konduktor kawakan Indonesia, Adie M.S., memimpin parade nyanyian lagu-lagu kebangsaan ini.
 
Di Indonesia bagian Barat, acara dimulai tepat pukul 08.00.  Sementara di Indonesia bagian Tengah (termasuk Makassar), dimulai pukul 09.00 dan di Indonesia Timur dimulai pukul 10.00. 
 
Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dalam sambutan singkatnya mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaan atas hadirnya para mahasiswa dari berbagai kampus. “Hari ini kita berkumpul disini, tidak ada perbedaan kampus negeri atau swasta, kampus besar atau kecil, kampus akreditasi A, B, atau C.  Tidak ada perbedaan.  Kita semua yang hadir disini adalah anak bangsa, yang bangga dan cinta akan tanah air.  Saya menyampaikan penghargaan atas kehadiran kalian semua, anak-anakku,” kata Prof. Dwia yang disambut tepuk tangan riuh dan yel-yel merdeka dari ribuan mahasiswa yang hadir.
 
Pada kesempatan ini, turut hadir pula Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) yang sebelumnya bernama Kopertis Wilayah IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si, Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Husain Syam, MTP, serta belasan Rektor, Ketua Sekolah Tinggi, dan Direktur Akademi dari berbagai perguruan tinggi di Makassar dan sekitarnya.(*)

Baca juga :